Breaking News
---

Daftar Rute Bus Mudik Gratis Nataru dari Kemenhub

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan puluhan bus AKAP-Pariwisata, dengan 14 rute dari Jakarta. Semua bus itu, disediakan untuk Program Mudik Gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), terutama bagi para pengguna sepeda motor.

Daftar Rute Bus Mudik Gratis Nataru dari Kemenhub

Sebab, prediksi masyarakat akan bepergian mencapai 107,63 juta orang, atau 39,83 persen dari total populasi nasional. Data tersebut, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans).

"Untuk itu, sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno. Maka, kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini," kata Direktur Angkutan Jalan Suharto, Senin (4/12/2023).

Dia menjelaskan jumlah bus dan kuota penumpang untuk Mudik Gratis Nataru tahun ini. "Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata, dengan total 3.600 penumpang," kata dia.

Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor, disiapkan kuota untuk 120 unit. "Dengan empat truk," ujar dia.

Pendaftaran Mudik Gratis Nataru dilakukan secara online. Yaitu, melalui aplikasi Mitra Darat dan dapat diunduh di Play Store.

"Dengan versi terbaru 2.3.1 untuk iOS dan versi 1.1.8 untuk Android," kata dia. Bagi masyarakat telah melakukan pendaftaran online, kata dia, agar melakukan verifikasi di Kantor Pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M, Jakarta Selatan.

"Untuk wilayah Jakarta (di Kantor Pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M, red). Dan Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan," kata dia.

Suharto juga menegaskan, untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan, pada Jumat (22/12/2023). "Dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang, pada Sabtu (23/12/2023)," kata dia.

Tepatnya, dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang, untuk pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang. "Untuk memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru, juga akan dilaksanakan ramp check, pada (18-20/12/2023," katanya.

Secara rinci dia menjelaskan, 63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang, dengan 2.520 penumpang. "Dan dari Terminal Kampung Rambutan sebanyak 27 bus akan diberangktan dengan 1.080 penumpang," kata Suharto.

Daftar rute bus Mudik Gratis Nataru berkapasitas 40 orang disiapkan Kemenhub, yaitu:

1.Jakarta-Solo

2.Jakarta-Yogyakarta

3.Jakarta-Surabaya

4.Jakarta-Wonosobo

5.Jakarta-Semarang

6.Jakarta-Wonogiri

7.Jakarta-Cilacap

8.Jakarta-Putwokerto

9.Jakarta-Malang

10.Jakarta-Kediri

11.Jakarta-Madiun

12.Bus Disabilitas.

Rute truk angkutan gratis untuk sepeda motor, yaitu:

1. Jakarta-Solo

2. Jakarta-Yogyakarta.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan