Breaking News
---

Diderita Kiki Fatmala, Kenali Penyakit Kanker Paru-paru

Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia, aktris senior Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia, Jumat (1/12/2023). Kiki dikabarkan meninggal karena penyakit yang dideritanya selama empat tahun yakni, kanker paru-paru stadium IV.

Foto : Kiki Fatmala

Dilansir Halodoc, kanker paru-paru sendiri jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian di seluruh dunia. Sayangnya, kanker ini tidak menimbulkan gejala atau tanda yang signifikan pada awalnya, sehingga pengidapnya biasanya baru menyadari penyakit tersebut ketika sudah berada pada stadium lanjut.

Kanker paru stadium IV adalah stadium paling lanjut dari kanker paru-paru. Pada stadium IV, kanker sudah menyebar ke kedua paru-paru, area di sekitar paru-paru atau organ yang jauh.

Ketika sudah berkembang sampai tahap ini, kanker biasanya akan menimbulkan sejumlah gejala yang bisa dirasakan pengidap. Kanker terjadi ketika sel-sel di bagian tubuh tertentu tumbuh dan bereproduksi secara tidak terkendali.

Menurut American Cancer Society, sekitar 13 persen kanker paru-paru adalah kanker paru-paru sel kecil, yang lebih agresif dan bisa menyebar cepat. National Cancer Institute mengungkapkan 57 persen kanker paru-paru dan bronkus didiagnosis pada stadium IV.

Prognosis untuk kanker paru-paru stadium IV tergantung pada sejumlah faktor, seperti ukuran dan lokasi tumor. Kanker paru stadium 4 dibagi menjadi dua subtahap:

- Stadium 4a: kanker sudah menyebar di dalam paru-paru atau ke satu area di luar paru-paru

- Stadium 4b: kanker sudah menyebar ke beberapa tempat di satu atau lebih organ yang tidak dekat dengan paru-paru. Di antara lain seperti otak, hati, atau tulang.

Gejala kanker paru stadium 4 yang umumnya muncul, antara lain:

- Sakit dada
- Sesak napas
- Batuk darah atau dahak berwarna karat
- Batuk terus-menerus
- Suara serak
- Kehilangan nafsu makan
- Penurunan berat badan tanpa sebab.

Kanker paru-paru stadium IV sudah menyebar ke paru-paru lain atau ke bagian tubuh lainnya, sehingga bisa menyebabkan gejala sekunder. Misalnya, bila kanker menyebar ke hati, pengidap bisa mengalami penyakit kuning membuat mata, kulit, dan kuku menguning.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan