*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ini 6 Pemain Naturalisasi di Era Shin Tae-yong

Sebanyak enam pemain keturunan berhasil dinaturalisasi demi memperkuat Timnas Indonesia era Shin Tae Yong. 

Berikut daftar pemain tersebut.

Shin Tae-yong berupaya keras membuat Timnas Indonesia menjadi kuat di level Asia. Salah satu caranya adalah dengan menaturalisasi pesepak bola di Eropa yang punya darah Indonesia.

Program pemain naturalisasi bukan hal baru di tubuh PSSI. Namun, sebagian besar pemain yang dilirik Shin Tae Yong terbilang muda dan masih berada di puncak performa.

6. Justin Hubner 

Justin Hubner resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2923). Justin Hubner akan membuat lini belakang Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong semakin solid.

5. Rafael Struick

Rafael Struick resmi menjadi warga Indonesia pada 22 Mei 2023 dan memulai debut membela Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Argentina. Struick memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Brian Struick, yang merupakan keturunan Jawa, sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito, berasal dari Suriname.

Rafael Struick

4. Ivar Jenner

Jenner resmi diambil sumpahnya menjadi WNI pada 22 Mei 2023 di Jakarta. Pemain ini sejatinya diproyeksi tampil bersama Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023, namun ajang ini batal berlangsung di Indonesia.

Meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 2023, naturalisasi Jenner tetap dilanjutkan. Sang pemain tampil cukup gemilang pada debut melawan Palestina dan Argentina.

3. Shayne Pattynama

Shayne, yang semula warga Belanda, memiliki darah keturunan Indonesia melalui ayahnya yang beretnis Maluku dan lahir di Semarang. Ayah sang pemain sejatinya sudah meninggal dunia.

Kendati punya darah keturunan langsung Indonesia, Shayne Pattynama tetap menjalani proses naturalisasi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2006 pasal 20. Proses ini melalui Keputusan Presiden sebagai orang asing yang berjasa untuk Indonesia demi kepentingan negara.

2. Jordi Amat

Jordi resmi menjadi WNI pada 17 November 2022. Pemain berdarah Spanyol-Indonesia ini memang sudah tidak muda lagi, namun STY yakin Jordi akan bisa memberi dampak positif ke Indonesia dengan pengalamannya merumput di Eropa.

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022 dan melepas status warga Belanda. Dia memiliki darah Indonesia dari nenek sang nenek.

Brigitta Portier selaku ibu Sandy, lahir dari orang tua berasal Malang. Sandy juga sempat mengaku bahwa sang kakek dari Surabaya.(*)