Breaking News
---

Penerapan 'Contraflow' Dihentikan Sementara di Tol Jakarta-Cikampek,Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan

Petugas Jasamarga menutup atau menghentikan sementara penerapan contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, Sabtu (30/12/2023) siang. Sebab, kepadatan arus lalu lintas mulai lancar kembali.

Penerapan 'Contraflow' Dihentikan Sementara di Tol Jakarta-Cikampek,Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan

"Contraflow dihentikan setelah kondisi lalu lintas mulai ramai lancar di kedua arah. Sebelumnya, diberlakukan dua lajur contraflow dari KM 47 hingga KM 65 arah Cikampek ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 06.45 WIB," kata Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Sabtu.

Dia mengatakan, petugas kemudian menghentikan contraflow, pada pukul 13.00 WIB. "Penerapan dan penghentian itu dilakukan atas diskresi pihak kepolisian," ujar dia.

Sebelum dilakukan penutupan atau penghentian contraflow, kata dia, petugas juga sempat melakukan pengurangan lajur contraflow. Yaitu, dari dua lajur menjadi satu contraflow dari KM 47-KM 65 arah Cikampek ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, pukul 10.42 WIB.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini, mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah dan dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Kebijakan ini menjadi salah satu cara petugas kepolisian dan pengelola jalan tol untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas. Tepatnya, di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal-Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Kami mengimbau agar pada momentum libur tahun baru ini, seluruh pengguna jalan memastikan kendaraannya dalam keadaan prima. Saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, dan membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area," kata Ria.

Sebanyak 1.500 personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan pada perayaan Malam Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Hal ini disampaikan, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. 

“Kami telah meminta bantuan dari Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Alhamdulillah personel itu terdiri dari TNI, Polri serta personel Pemprov DKI Jakarta,” kata Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023). 

“Kami mendapatkan informasi dimana Pemprov DKI Jakarta akan menggelar sebanyak 12 panggung dan 11 panggung ada di Jakarta Pusat. Kemudian terkait pengamanan kami kerahkan ribuan personel gabungan pada perayaan Malam Tahun Baru 2024,” kata Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023). 

Dalam perayaan malam Tahun Baru, kata Susatyo, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar 12 panggung di Wilayah DKI Jakarta. Dari 12 pangung itu 11 panggung diantaranya berada di Kawasan Jakarta Pusat yakni mulai dari Patung Kuda hingga Sudirman.

“Jadi Pemprov DKI Jakarta akan gelar 12 panggung, 11 panggung ada di kawasan Jakarta Pusat dan 1 panggung ada di Jakarta Selatan. Untuk panggung di Jakarta Pusat berdiri di Patung Kuda, Bunderan HI hingga depan FX,” ujar Susatyo. 

Susatyo mengatakan, pihaknya merencanakan jalur TransJakarta nantinya akan menjadi jalur evakuasi darurat saat malam pergantian tahun. Tak hanya itu, Susatyo memprediksikan sebanyak 3.000 hingga 5.000 masyarakat yang akan memadati kawasan Sudirman-Thamrin saat perayaan tahun baru. 

“Kami akan merencakan jalur busway sebagai jalur evakuasi darurat saat malam pergantian tahun. Jadi nanti masyarakat kalau perhitungannya mungkin akan dihadiri, kalau di Bunderan HI itu sekitar 30.000, dan setiap panggung itu rata-rata bisa mencapai 3000-5000,” ucap Susatyo. (*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan