Breaking News
---

Selain Musnahkan Barang Haram, Jelang Libur Tahun Baru Ini Dilakukan Polisi di Jawa Barat

Tidak hanya mengantisipasi kemacetan, Personil gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Lodaya 2023, juga sudah menyiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi ancaman bencana, dan gangguan Harkamtibmas pada saat libur tahun baru. 

Kapolres Subang AKBP Ariek Sentanu, melalui Kapolsek Jalancagak, sekaligus Kapos PAM Simpang Ciater Kompol Bonny Yuniar mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan pada saat pergantian malam.tahun baru dan libur tahun baru di jalur wisata Ciater, pihaknya sudah menyiapkan cara bertindak (CB-CB) Kepolisian, berupa rekayasa lalulintas, yang sudah dilakukan pada saat libur natal kemarin.

"Selain kita memasang water barier, trafficon, dan tolo-tolo serta papan petunjuk arah, di sepanjang jalur Wisata Ciater. Kita juga memberlakukan rekayasa lalulintas di depan Spa Sari Ater, berupa aelen traffic, seolah-olah arus kendaraan itu kita alihkan sesaat ke sebelah kiri, guna memperlambat pertemuan simpul kemacetan di depan gerbang pintu masuk ke Sari Ater," terang Kompol Bonny, Jumat (29/12/2023).

Untuk pengamanan tahun baru nanti, lajut Kapos PAM Simpang Ciater, untuk personil ada penebalan, atau tambahan 5 personil, yang tadinya 25 orang menjadi 30 orang per Pos PAM, Pos Yan, Pos Pantau dan juga Pos Gatur. 

"Penebalan 5 personil itu, merupakan bantuan dari Dalmas dan Unit Sabara Polres Subang, di setiap Pos PAM, Pos Yan, Pos Pantau dan juga di Pos Gatur," ungkapnya.

Sementara itu, yang menjadi atensi seluruh personil gabungan pada Operasi Lilin Lodaya 2023 Polres Subang, di libur tahun baru ini, selain ancaman bencana, juga gangguan harkamtibmas, mulai dari pesta miras, dan geng motor, serta gangguan kamtibmas lainnya.

"Untuk ancaman bencana alam, kami sudah melibatkan relawan desa tanggap bencana, Linmas, dan organisasi masyarakat lainnya. Untuk antisipasi gangguan harkamtibmas pada saat malam pergantian tahun baru, kami siapkan patroli anggota ke titik-titik rawan gangguan kamtibmas, seperti pesta miras, geng motor,  curat, serta curanmor, semua kita antisipasi, ternasuk rawan begal di jalur jalan raya Subang-Sumedang, dan Subang-Purwakarta yang minim PJU," pungkas Kapos PAM Simpang Ciater.

Foto : Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus 

Kabar lain menjelang libur tahun baru 2024, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengunjungi Pos Terpadu Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung. Jumat, (29/12/2023).

Kedatangan Kapolda Jabar tersebut disambut langsung Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, Wakapolresta Bandung AKBP Imron Ermawan, PJU Polresta Bandung serta Kapos Pam Terpadu Al Fathu Kompol Ivan Taufiq.

"Bapak Kapolda hanya melakukan pengecekan saja di Pos Terpadu Al Fathu ini. Tadi juga sempat memeriksa ruangan rapat zoom meeting," terang Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo. 

Tak hanya itu, kunjungan Kapolda Jabar ini juga  sekaligus memantau jalur via CCTV dan dilanjutkan memeriksa kelengkapan administrasi pos terpadu Al Fathu.

"Alhamdulilah, di Pos Terpadu Al Fathu ini lengkap fasilitasnya, seperti ada kursi pijat, ruang laktasi, area bermain anak dan lain sebagainya," ujarnya.

"Kami lengkapi fasilitas ini tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para wisatawan yang akan istirahat," papar Kusworo Wibowo.

Sementara di lain tempat, demi pelayanan malam tahun baru 2024 berlangsung dari aparatur Polresta Bogor kota untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat. Hal itu terlihat saat adanya sejumlah pola pengamanan dari kepolisian untuk bisa memberikan rasa aman dan damai dalam pergantian tahun, Jumat (29/12/2023). 

Kasat Lantas Polresta Bogor kota Kompol Galih Apria mengaku sudah menyiapkan sejumlah cara bertindak untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi pada malam pergantian tahun. 

"Sudah ada pola bertindak dengan melihat situasi dan kondisi sehingga akan ada bendera yang akan memberikan tanda bendera kepada masyarakat yang akan masuk wilayah kota Bogor jika sudah dirasakan penuh maka kepolisian akan mengalihkan ke sejumlah titik agar tidak masuk ke dalam kota," ungkapnya. 

Kapolresta Bogor kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menjelaskan tidak ada perayaan tahun baru di wilayahnya sehingga masyarakat dihimbau tetap tertib saat melewati pergantian tahun. 

"Untuk mengantisipasi adanya angka kriminalitas yang bisa saja naik saat malam pergantian tahun sehingga pihaknya mengantisipasi kejahatan seperti pencurian rumah kosong atau perampokan dan Pencurian sepeda motor sehingga masyarakat diminta untuk berada di rumah," ujarnya. 

Semua cara bertindak itu tetap memperhatikan faktor humanisme sehingga masyarakat tetap bisa berkumpul dengan keluarga saat perayaan malam tahun baru dengan suasana aman dan damai (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan