Breaking News
---

Viral Video Gempa Pangandaran 28 Desember 23, Ini Faktanya

Beredar video pendek di youtube dengan nama akun Alex xa Channel yang membagikan video kondisi Pantai Pangandaran setelah gempa pada 28 Desember 2023. Benarkah hal tersebut?.



Merangkum dari akun Facebook milik Diskominfo Kabupaten Pangandaran, berdasarkan fakta, " Hasil penulusuran Tim Pangandaran Saber Hoaks vide tersebut merupakan situasi air pasang di Pantai Pangandaran yang terjadi pada 30 Agustus 2022 tahun lalu".

Sebelumnya dilansir dari akun resmi Satpolairud Polres Pangandaran, disampaikan oleh AKP Sugianto bahwa keadaan Pantai Pangandaran pasca gempa 28 Desember 2023 terpantau normal dan keadaan air laut dalam keadaan tenang.

Izin menyampaikan setelah terjadi gempa kondisi tempat wisata di Kabupaten Pangandaran dinilai aman untuk dikunjungi wisatawan.

KESIMPULAN:
Dari video pendek tersebut terkait dampak gempa Pangandaran adalah menyesatkan. Judul dan Thumbnail yang digunakan sangat bombastis dan menggunakan sumber yang tidak valid.

Informasi ini adalah jenis kategori False Connection.
Foto diambil dari Facebook milik Diskominfo Pangandaran

Kabar awal dituliskan, telah terjadi gempa bumi di Kabupaten pengandanran dengan kekuatan 5.5 . Peristiwa tersebut tak berpotensi tsunami (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan