Breaking News
---

Waspadai Anak-anda Karena Berbahaya! Ini Risiko Bermain Petasan

Momen pergantian tahun memang selalu dimeriahkan dengan aneka petasan dan kembang api. Meski indah dipandang, suara yang ditimbulkan petasan tahun baru kerap membuat kaget.

Foto : Anak-anak main petasan

Ada yang menyebutkan juga bahwa suara petasan tahun baru itu bisa memicu sakit jantung. Paparan suara keras yang terus-menerus dalam jangka panjang disebut-sebut memang menjadi salah satu pemicu sakit jantung.

Meski tidak berpengaruh secara langsung terhadap penyakit jantung. Bermain dengan si pemberi meriah suasana tahun baru ini nyatanya memiliki banyak risiko lain yang tak kalah berbahaya.

Terutama jika komponen ledakan mengenai tubuh, dirangkum berbagai sumber berikut beberapa di antaranya:

1. Luka Bakar

Ledakan yang ditimbulkan petasan dapat memancing munculnya api dan menyebar ke benda-benda lain yang mudah terbakar. Hal inilah yang menjadikan petasan berbahaya dan dapat melukai orang-orang di sekitarnya.

Jika mengenai kulit, ledakan petasan dapat menimbulkan luka bakar. Semakin kuat ledakan, risiko luka bakar yang terjadi juga akan semakin luas.

2. Gangguan Pendengaran

Bunyi ledakan petasan dapat memicu terjadinya cedera pada sistem pendengaran. Hal ini juga dikenal dengan istilah trauma akustik atau trauma.

Hal itu karena dentuman suara keras, yang dapat menimbulkan trauma pada gendang telinga. Salah satu gejala yang ditimbulkan adalah telinga berdenging.

3. Amputasi

Amputasi atau hilangnya salah satu anggota tubuh juga merupakan salah satu risiko berbahaya yang ditimbulkan ledakan petasan. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak, yang bermain petasan tanpa pengawasan orang tua.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, orang tua perlu benar-benar mengawasi dan mendampingi anak. Salah satunya ketika akan menyalakan petasan.

4. Kebutaan

Ketika petasan dinyalakan dan meluncur ke langit, orang-orang biasanya akan langsung menengadah demi menangkap momen ledakan indahnya di udara dengan mata. Nyatanya hal ini berbahaya.

Sebab ketika meluncur ke atas, serpihan ledakan petasan yang mengenai mata. Salah satunya dapat membuat kornea mengalami luka bakar, yang berujung pada kebutaan.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan