*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

BMKG Perkirakan Transisi Musim Kemarau pada Mei 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi transisi musim kemarau akan terjadi mulai bulan Mei 2024. Sejumlah daerah di Indonesia yang memasuki kemarau lebih dahulu diharapkan bisa lebih waspada. 

Foto ilustrasi

Demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, Selasa (30/1/2024). Menurut dia, beberapa willayah akan mengalami musim kemarau lebih dulu sejak Mei 2024. 

Di antaranya Jawa Barat bagian utara, Jawa Tengah bagian timur, dan sebagian besar Jawa Timur. Kemudian Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fachri menambahkan musim kemarau akan semakin meluas ke sejumlah daerah lainnya pada Juni 2024. Yaitu Banten, Jawa Barat, Lampung, Sumatra Selatan, sebagian Jambi, Sumatra Utara, dan Aceh.

Lalu di Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah bagian selatan. Sedangkan periode puncak musim kemarau diprediksi terjadi ketika memasuki Juli dan Agustus 2024.

Daerah yang mengalami puncak kemarau adalah sebagian besar Jawa, Bali, NTB dan NTT. Selanjutnya Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Selain itu juga terjadi di sebagian besar Sulawesi hingga Maluku. "Terutama di wilayah Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya," ujarnya. (*)

Komentar0