*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Evakuasi Perbaikan Jalur Rampung, Kereta Api Bisa Melintas Kembali

Evakuasi gerbong dan perbaikan rel di titik kecelakaan KA Turangga dan KRD Lokal, sudah rampung pada pukul 06.30 Wib, Sabtu (6/1/2023). Ada 30 bantalan rel yang diganti, saat ini tengah dilakukan ujicoba rel oleh lokomotif yang datang dari stasiun Bandung.

Foto :Evakuasi Perbaikan Jalur Rampung, KA Bisa Melintas Kembali

"Perbaikan jalur kereta di lokasi kecelakaan, sudah selesai. Seperti penggantian dan penambahan bantalan rel, perbaikan geometri, sehingga pada jam 06.30 Wib, jalur dinyatakan aman. Barusan jam 07.45 Wib, dua lokomotif percobaan jalur sudah melintas berkecepatan 20 km/jam, maka jalur ini dinyatakan aman dilalui," ungkap Manager Humas DAOP 2 Bandung, Ayep Hanapi, di lokasi, Sabtu (6/1/2024).

Ia memastikan, semua KA Lokal maupun KA jarak jauh dapat melintas, "KA yang berangkat dari stasiun Kiaracondong, stasiun Bandung dan semua jadwal keberangkatan maupun kedatangan bisa melewati jalur ini kembali," imbuh Ayep.

Terkait sebab terjadinya kecelakaan KA kemarin, kata Ayep, masih pendalaman dan investigasi pihak KNKT dan tim penyelamatan internal  PT KAI.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang. Dari total penumpang KA Turangga sebanyak 264 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 22 penumpang yang luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan.

"KAI sangat berduka dan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya empat petugas KA, yaitu Masinis, Asisten Masinis, Pramugara dan Polsuska. Mereka telah berkontribusi dan berjasa di PT KAI," tandasnya.(*)

Komentar0