*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Khawatir Longsor Susulan Warga Desa Tugumukti Mengungsi

Potensi longsor susulan dan dikhawatirkan menimpa rumah warga, di Kampung Cimeta RT 04/ RW 09, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. 

Khawatir Longsor Susulan Warga Desa Tugumukti Mengungsi

Pasalnya, saat ini lima rumah warga sudah terkena longsor dengan kondisi memprihatinkan. Bahkan, seluruh pemilik rumah sudah mengungsi di rumah kerabatnya. 

Salah satu warga yang terdampak longsor, yakni Apep Rahmat (45) mengatakan, bahwa rumah miliknya sudah dikosongkan sejak terjadinya longsor. Menurutnya, kelima rumah yang berada di sekitar lokasi longsor tersebut merupakan masih satu keluarga dengan dirinya.

"Dari lima rumah ini, kita masih saudaraan dan semuanya sudah mengungsi. Kita takut ada longsor lagi, karena rumah yang paling belakang sudah mengalami retakan," ujar Apep saat ditemui dilokasi, Rabu (10/1/2024).Apep berharap, bisa segera mendapatkan solusi dari pihak pemerintah terkait longsor yang terjadi di pekarangan rumahnya. 

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tugumukti, Nandang Suherman menerangkan, kelima rumah yang terdampak longsor di kampung Cimeta sudah dilakukan evakuasi dan semua penghuni telah di ungsikan. Sebab, di khawatirkan ada longsor susulan. 

"Kita sudah evakuasi semua penghuninya, mereka sudah mengungsi. di khawatir adanya kejadian longsor susulan," ujar Kades Tugumukti, Nandang Suherman.

Pihak Desa Tugumukti bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, telah menyerahkan bantuan kepada lima keluarga yang mengungsi. 

"Pihak Desa Tugumukti bekerjasama dengan BPBD KBB telah menyerahkan bantuan berbentuk sumbangan, saat ini kelima rumah tersebut dikosongkan dulu untuk sementara waktu," ucapnya. 

Meski demikian, Nandang mengaku, pihaknya ,Kecamatan dan Kabupaten segera mempogramkan terkait pembangun tembok penahan tanah (TPT).

 "Kita akan programkan secepatnya, baik dari pihak Desa, Kecamatan maupun Kabupaten untuk pembangunan TPT,kita juga kerahkan Sat Linmas untuk penanganan kedepannya, intinya kita mensosialisasikan agar masyarakat berjaga-jaga di musim hujan sekarang," bebernya.(*)

Komentar0