*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Puting Beliung Terjang Puluhan Rumah di Banjarwangunan Kabupaten Cirebon

Masyarakat di Perumahan Grand Taman Anggrek Suci Blok Kagungan Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon terkena bencana angin puting beliung. 

Angin puting beliung menerjang rumah warga di Perumahan Grand Taman Anggrek di Desa Banjarwangunan Kec. Mundu Kab. Cirebon (6/1/2024).

Camat Mundu, H. Anwar Sadat ketika dikonfirmasi menyampaikan berdasarkan keterangan dari saksi mata pengurus RT setempat Nuryaman, saat hujan intensitas sedang Sabtu sore (6/1/2024) pukul 16.50 WIB dan secara tiba-tiba angin puting beliung dari arah utara menerjang beberapa rumah warga Perumahan Grand Taman Anggrek Suci. 

Menurutnya, pihak RT setempat baru mendata untuk sementara ada 30 rumah warga yang rusak terdampak angin puting beliung. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa maupun korban pengungsi. 

Pendataan dilakukan Pemerintah Desa Banjarwangunan dan BPBD Kabupaten Cirebon melalui Unit Reaksi Cepat (URC) yang terjun langsung ke lapangan untuk mengassessment. Pihaknya segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

"Kami akan segera turun memberikan bantuan minimal makanan yang siap saji. Untuk kerusakan secara fisik nanti kami akan usulkan dan laporkan ke dinas sosial dan banzas melalui pak bupati," katanya.  

Dikatakan Anwar Sadat, sarana yang terdampak yakni terjadi konsleting listrik di beberapa blok area perumahan. Ia mengakui, potensi kebencanaan di Kecamatan Mundu antara lain rawan tanah longsor diwilayah Desa Sinarancang dan Setu Patok. Sedangkan rawan banjir berada di Desa Mundu Pesisir, Pamengkang, Banjarwangunan serta Desa Suci.

"Kami mengharapkan untuk warga masyarakat Mundu tetap berhati-hati dan waspada kalau terjadi hujan disertai angin kita antisipasi terjadinya bencana diwilayah kita," ujar Anwar.(*)

Komentar0