*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ratusan Rumah Warga di Mundu Kabupaten Cirebon Terendam

Kondisi cuaca hujan lebat yang merata di wilayah Cirebon dan sekitarnya pada pukul 17.45 WIB telah merendam pemukiman.

Ratusan Rumah Warga di Mundu Kabupaten Cirebon Terendam

Banjir dialami warga di Perumahan Puri Indah Residence Desa Banjarwangunan dan Blok Kalijaga Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

"Bisa terjadinya banjir ini karena luapan sungai Cikalong dan Kalilunyu. Tadi airnya setinggi betis orang dewasa atau 50 cm dan Puri Indah ini sebetulnya banjirnya bisa lebih tinggi kalau hujan terus. Alhamdulillah kondisinya semakin surut dan semoga suratnya lebih cepat," kata Ahmad Herlambang Ketua RT 07 RW 08, Jumat (26/1/2024).

Pada kondisi banjir tadi, tutur Ahmad, warga tidak ada yang mengungsi karena air cenderung mulai bergerak surut. Dan misalnya air semakin naik, pihaknya segera menginstruksikan warga untuk secepatnya mengungsi ke masjid sebab merupakan tempat paling tinggi.

Tim BPBD Kabupaten Cirebon melakukan assessment kaji cepat dampak bencana dan berkoordinasi dengan perangkat desa dan Tim Reaksi Cepat TRC. Kemudian melakukan penyisiran lokasi terdampak untuk memastikan kebutuhan evakuasi.

Terdata banjir telah merendam 160 rumah dengan korban terdampak 150 KK dan 360 jiwa.

Sementara banjir juga dialami warga di pemukiman Blok Sunyaragi Mundu. Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan menjelaskan pihaknya bersama Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Relawan KRI juga menyisir banjir di Blok Kalijaga dengan ketinggian air sekitar 30 cm dan berangsut surut.

"Air banjir lama surut ini disebabkan pasangnya air saat purnama di laut. Dan kami juga klarifikasi atas informasi hoax penyebab banjir di Puri Indah Residence bukan dari tanggul yang jebol. Akan tetapi meluapnya Sungai Kalilunyu dan Cikalong," katanya (*)

Komentar0