Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat, harga rata-rata Gabah Kering Panen (GKP) sudah menyentuh Rp7.070 per kilogram. Sementara Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang ditetapkan sebesar Rp5 ribu per kilogram di tingkat petani.

Bapanas Catat Harga Gabah Lebih Tinggi dari HPP

"Kalau kita bicara harga hari ini. Harga rata-rata Gabah Kering Panen (GKG) Rp7.070 per kilogram," kata Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), I Gusti Ketut Astawa dalam keterangannya, Kamis (22/2/2024).

Gusti merinci, harga GKG terendah ada di Kalimantan Barat sebesar Rp5.800 per kilogram. Sementara tertinggi menyentuh Rp8.400 per kilogram, seperti di Jawa Barat dan Baten masih Rp8 ribu-Rp8.300 per kilogram. 

Sedangkan harga rata-rata Gabah Kering Giling (GKG) di tingkat penggilingan padi berkisar Rp8.100 per kilogram. Adapun tertinggi terjadi di Jawa Barat sekitar Rp9 ribu per kilogram dan terendah di di Kalimantan Barat yakni Rp7.280 .

"Kalau kita bicara GKG saja sudah begini. Harga beras di retail modern kali dua saja paling gampang pak, itu harganya sudah melebihi HET," katanya.

Sementara, untuk HPP di tingkat penggilingan sebesar Rp5.100 per kilogram. Sedangkan, GKG di di penggilingan sebesar Rp6.200 per kilogram.(*)