GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Intensitas Hujan Fluktuatif, Pasang Surut Banjir Luapan Sungai Cilamaya Terus Bikin Cemas Warga

Ada dan tidak ada hujan di Cilamaya Wetan, tetap bikin cemas warga sekitaran lintasan bantaran sungai Cilamaya di hilir. Pasalnya, hujan di selatan Purwakarta dari hulu, mendorong volume air ke Pintu Air Barugbug Kecamatan Jatisari dengan status naik dan turun. Bahkan, sesekali awas hingga siaga yang sampai kepada masyarakat hilir Cilamaya. 
Foto : Luapan Sungai Cilamaya di Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan masuk ke pemukiman warga sejak Jumat pagi pukul 10.00 Wib


Akibatnya, beberapa desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, terus terdampak banjir kirim dari luapan sungai Cilamaya tersebut. Tak hanya sawah dan saluan irigasi, tapi volume air juga masuk Hingg pemukiman warga seperti di Desa Tegalwaru, Mekarmaya dan Cilamaya.

"Banjir kiriman sejak pukul 10.00 Wib  Jumat pagi (2/2/2024). Ketika di selatan insensitas hujan tinggi, ya banjir di hilir tak bisa terbendung karena pintu air di barugbug juga overload. Namun demikian, ketika hujan di selingi reda dan cerah, luapan sungai berangsur surut hingga beberapa jam kemudian, namun jika hujan di selatan tinggi lagi, ya kemungkinan seperti ini terus, " Kata Satgas BPBD Cilamaya Wetan, Aan Susanto. 

Pihak BPBD bersama Muspika Kecamatan dan Damkar terus bersiaga selama musim penghujan. Ketika terjadi laporan banjir, sebutnya, masyarakat diminta untuk tenang dan bersiap dengan kemungkinan terburuk sekalipun, seperti harus mengungsi dan menyelamatkan sejenak Benda berharganya. Namun, banjir Jumat pagi ini, tidak sampai termobilisasi mengungsi karena situasi masih aman terkendali, juga air semakin jam semakin surut debitnya. 
Foto : Luapan Sungai Cilamaya di Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan masuk ke pemukiman warga sejak Jumat pagi pukul 10.00 Wib

Untuk air yang masuk pemukiman sendiri, sebutnya berkisar antara 30-40 centimeter dan terus berangsur surut. 

"Kalau banjir kiriman, debitnya berangsur turun beberapa jam kemudian, tapi kalau di hilir juga hujan nah ini genangannya lumayan agak lama. Tapi sekarang Alhamdulillah, masih terkendali, " Ungkapnya. (Rd)

Komentar0