Breaking News
---

Kurangi Intensitas Hujan, BNPB Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Semarang dan Laut Jawa. Tujuannya untuk mengurangi intensitas curah hujan yang mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Grobongan, Demak, dan Kudus. 

Kurangi Intensitas Hujan, BNPB Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Demikian disampaikan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, di Jakarta pada Jumat (16/2/2024). "Operasi TMC dimulai pada Kamis (15/2/2024) menggunakan pesawat Cessna 208 Caravan PK-SNM dari Lanud Ahmad Yani," ujarnya. 

Kegiatan operasi dilakukan melalui penyemaian dua ton Natrium Clorida (NaCl) dalam dua kali sortie  selama dua jam penerbangan. Pada sortie pertama disemaikan satu ton NaCl di langit Ambarawa, Kendal, dan Batang dari ketinggian 11 ribu kaki.

Kemudian sortie kedua disemaikan satu ton NaCI di langit Magelang serta pesisir Kendal dan Batang. Kali ini penyemaian dilakukan dari ketinggian 12 ribu kaki. 

“Area penyemaian dipilih karena berada di wilayah hulu yang dinilai tidak rawan longsor dan banjir," ujar Suharyanto. Secara umum keadaan cuaca di wilayah Jawa Tengah terpantau berawan dan hujan ringan hingga sedang. 

Sebelumnya dilaporkan banjir bandang melanda 25 desa di Kabupaten Demak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak mencatat 25.518 penduduk terpaksa akibat bencana tersebut.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan