Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan Februari 2024 merupakan puncak musim hujan tahun ini. Sehingga berbahaya bagi masyarakat maupun wisatawan untuk melakukan pendakian ke gunung.

Musim Hujan, BPBD Garut Minta Wisatawan Tidak Mendaki

"Berdasarkan prediksi BMKG bahwa bulan Februari adalah puncaknya musim hujan, agar menunda dulu pendakian. Mengingat cuaca ekstrem ini sangat membahayakan bagi para pendaki, berisiko tersambar petir maupun potensi bahaya alam lainnya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Garut Daris Hilman, Minggu (25/2/2024). 

Ia menuturkan selama beberapa hari ke belakang seringkali terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Ini merata di Kabupaten Garut dan menyebabkan beberapa kejadian bencana alam seperti banjir dan longsor.

Selain itu, kata dia, saat musim hujan seringkali terjadi petir yang bisa membahayakan masyarakat apabila berada di ruang terbuka. Apalagi di gunung dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl.

"Suhu dingin dan suhu panas. Ini yang bisa memantik menjadikan banyaknya petir," ujarnya. 

Ia menyampaikan peringatan bahaya melakukan pendakian ke gunung itu setelah adanya kejadian seorang pendaki asal Banten yang tewas tersambar petir. Saat berteduh di pohon jalur pendakian Gunung Cikuray, Garut, Sabtu (24/2/2024) lalu. 

Adanya kejadian itu, kata dia, menjadi peringatan bagi masyarakat. Terutama pendaki untuk tidak melakukan pendakian selama musim penghujan atau saat status siaga darurat hidrometeorologi. (*)