DPRD Kota Bekasi mengusulkan sebanyak 3.000 aspirasi masyarakat yang mereka serap melalui Reses. Usulan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna, Senin kemarin,(26/2/2024).

Sebanyak 3.000 Aspirasi Masyarakat Diusulkan Masuk APBD Bekasi

Ketua DPRD Kota Bekasi, Saefuddaulah mengatakan, aspirasi tersebut dihimpun oleh seluruh anggota DPRD Kota Bekasi. Proses menghimpun tersebut dilakukan pada Reses I Tahun 2024 pada Januari lalu. 

Usulan reses tersebut nantinya akan masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. Untuk selanjutnya dibahas secara bertahap sampai masuk dalam  rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025. 

"Usulan reses merupakan aspirasi yang dihimpun seluruh anggota dewan dari masyarakat. Bentuk usulannya beragam dari infrastuktur hingga hal yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Soal berapa besaran anggaran dari usulan tersebut pihaknya tidak mengetahui. Ini karena usulan reses hanya memuat judul kegiatan.

Selain itu, usulan tidak serta merta akan terealisasi sepenuhnya. Sebab semua usulan terlebih dahulu akan dibahas dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemkot Bekasi. 

"Tidak semuanya masuk dan direalisasikan. Nanti ada pembahasan, sinkronisasi serta melihat mana yang menjadi skala prioritas," ujarnya mengakhir pembicaraan.(*)