Breaking News
---

Sekolah Lansia Resmi Launching Perdana di Karangjaya Kecamatan Pedes

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang bersama BKKBN Jawa Barat secara resmi melaunching Sekolah Lansia pertama di Karawang. Kamis, (29/2) di Desa Karangjaya, Kecamatan Pedes. 
Foto : Muspika Kecamatan Pedes bersama Pejabat DPPkB saat Launching SekolahLansia

Sekolah Lansia yang diberi nama Hidayatul Magfiroh itu menjadi percontohan di Karawang oleh BKKBN. Sebab pengelolaannya dianggap baik dan mendapatkan dukungan kuat dari seluruh stakeholder terkait. Baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga pemerintah desa. 

Kepala DPPKB Karawang, Hj Sofiah melalui Selrtarisnya Imam Bahanan mengatakan, Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh merupakan sekolah lansia ketiga di Karawang setelah Kecamatan Tirtamulya dan Cilamaya Kulon. 

Kata Imam, seluruh pengelola sekolah ini sudah melalui training oleh BKKBN dan memiliki ruang kelas yang mumpuni untuk kegiatan para lansia. 
"Kami targetkan satu kecamatan memiliki satu sekolah lansia. Saat ini sudah berjalan satu desa satu bina keluarga lansia. Mudah-mudahan Sekolah Lansia Kecamatan Pedes bisa menjadi contoh untuk kecamatan lainnya," ujar Imam usai acara. 

Imam mengatakan, hadirnya sekolah lansia sejalan dengan program Bangga Kencana tentang pembinaan keluarga sejahtera. Pada usia senja, lansia rentan terkena penyakit dan tidak produktif. Melalui sekolah lansia, para kader KB akan mengajarkan banyak hal agar lansia di Karawang tetap sehat dan mandiri di usia senjanya. 

Sekolah Lansia ini, lanjut Imam, bekerja sama dengan Lembaga Peduli Lansia Indonesia melalui Indonesia Ramah Lansia. Sekolah Lansia Kecamatan Pedes sebagai sekolah perdana yang dibiayai BKKBN Jawa Barat akan melakukan 10 kali kegiatan sepanjang tahun 2024 ini. 
"Kami ingin mencetak lebih banyak lulusan sekolah lansia disini sebagai tolak ukur keberhasilan program Bangga Kencana di Karawang," Kata Imam. 

Sementara itu, Kepala Sekolah Lansia Hidayatul Magfiroh, Sarip Hidayat mengatakan, Sekolah Lansia yang ia kelola saat ini merupakan turunan dari Bina Keluarga Lansia (BKL) di Desa Karangjaya yang berdiri sejak tahun 2021. Saat ini, jumlah siswa di kelas lansia yang ia kelola sebanyak 30 orang dan akan belajar di satu ruang kelas yang sudah ia siapkan. 

"Satu ruang kelas untuk wahana belajar mengajar sudah siap. Harapannya Sekolah lansia ini akan berjalan dan berkembang dan bermanfaat untuk warga sekitar khususnya para lansia di Kecamatan Pedes," Harapnya. 

"Sekolah ini akan menjadi awal dari terakhirnya Sekolah lansia yang lain di desa yang lain dan kecamatan lain di Karawang," imbuhnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan