Prakiraan cuaca dari badan meteorologi klimatologi dan geofisika BMKG sepekan ke depan menggambarkan masih adanya kecenderungan cuaca ekstrem. 

BMKG Keluarkan Kewaspadaan Bencana Hidrometeorologis

Berdasarkan pantauan  selama sepekan kemarin memang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat Bahkan dalam beberapa hari kedepan juga kemungkinan akan terjadi hal serupa. 

Prakirawan Stasiun Klimatologi Jawa Barat Perdana Usior menjelaskan saat ini memang sedang terjadi cuaca ekstrim di sebagian besar Jawa Barat yang berdampak pada naiknya gelombang laut di sejumlah kawasan. 

Sedangkan untuk hujan dengan intensitas sedang hingga berat bisa terjadi di sejumlah kawasan di Jawa Barat seperti di Kabupaten Bogor dan Sumedang yang bisa terjadi sejak tanggal 18 Maret hingga kemungkinan sepekan ke depan.

"Untuk itu BMKG memberikan himbauan kewaspadaan kepada masyarakat dan sejumlah instansi untuk waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologis sebagai dampak cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal kemudian angin puting beliung dan kemungkinan adanya hujan es yang dapat mengakibatkan banjir tanah longsor Pohon tumbang dan dampak kerusakan lainnya kemudian cuaca ekstrem bisa berlangsung sejak pukul 10 hingga 14 waktu Indonesia bagian barat dan pada umumnya disertai angin kencang dan kilat atau Petir," katanya, Senin (18/3/2024). 

Kemudian pihaknya juga menghimbau khusus untuk daerah bertopografi curam atau bergunung atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan dan sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut yang bisa mengakibatkan kelabilan tanah dan memicu terjadinya tanah longsor.(*)