Breaking News
---

Perdana Menteri Peru Alberto Otarola Umumkan Pengunduran Dirinya, Ini Masalahnya

Perdana Menteri Peru Alberto Otarola mengumumkan pengunduran dirinya. Setelah kejaksaan mulai menyelidiki dugaan yang menyeret dirinya terkait perekrutan staf secara ilegal.(7/3/24).

Perdana Menteri Peru Alberto Otarola

​"Saya mengumumkan pengunduran diri saya untuk memberi keleluasaan bagi Presiden (Dina) Boluarte. Dalam perombakan kabinet," kata Otarola di platform X seperti dilansir Sputnik, Rabu (6/3/2024).

Keputusan itu diambil Otarola untuk memuluskan jalan bagi perombakan kabinet Peru. Otarola diduga telah mempekerjakan temannya, Yasire Pinedo Vasquez, tanpa didasari alasan profesional. ​

Media setempat telah menyiarkan rekaman suara pembicaraan antara Otarola dan Vasquez. Terkait perekrutan itu dan diduga menjadi bukti adanya hubungan romantis di antara keduanya.

Otarola dalam berbagai kesempatan membantah telah melakukan pelanggaran hukum. Serta mengatakan bahwa rekaman itu harus diselidiki.

Boluarte melantik sejumlah menteri baru di bidang ekonomi, lingkungan, energi, dan pertahanan. Di tengah kritik masyarakat terhadap kinerja pendahulu mereka.

Hingga November 2023, 85 persen penduduk Peru tidak setuju dengan kinerja pemerintah mereka. Menurut survei oleh surat kabar La Republica dan the Institute of Peruvian Studies.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan