Breaking News
---

Resmi Jadi WNI, Berikut Profil Cyrus Margono

Penjaga gawang klub Panathinaikos B, Cyrus Margono, telah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia sah menjadi WNI setelah mengambil sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) DKI Jakarta.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati. Dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," kata Cyrus saat mengambil sumpah kewarganegaraan, Kamis (21/3/2024) pagi.

Foto : Cyrus Margono

"Dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh, serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya. Dengan tulus dan ikhlas."..

Cyrus sendiri bukan merupakan pemain yang menjalani proses naturalisasi. Pemain berusia 22 tahun itu hanya diajukan menjadi WNI melalui jalur Sekretariat Negara (Setneg) dan Kemenkumham.

Pemain kelahiran New York, Amerika Serikat, itu sebelumnya memiliki kewarganegaraan ganda. Ayahnya dari Indonesia tepatnya Bali, sedangkan sang ibu dari Iran.

Cyrus adalah pemuda kelahiran Mount Kisco, Amerika Serikat, pada 9 November 2001. Sedari kecil Cyrus sudah menekuni sepak bola.

Ia mengawali perjalanan karier sepak bolanya saat bergabung dengan New York Soccer Club dan Met Oval Academy. Pada tahun 2015, ia sempat mengikuti latihan bersama Akademi Inter Milan. 

Kiper berpostur 190 cm itu berkesempatan memperkuat tim sepak bola Universitas Denver. Setelah itu, Cyrus akhirnya pindah ke Universitas Kentucky dan bermain untuk tim UK Wildcats.

Cyrus mengambil langkah besar ketika ia bergabung dengan klun Yunani Panathinaikos B. Saat ini, ia tengah berupaya keras untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih banyak demi membuka kesempatan berkarier di Eropa.

Kehadiran Cyrus menambah deretan pemain keturunan yang bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Sebelumnya, ada beberapa sosok, seperti Rafael Struick, Ivar Jenner, Elkan Baggott, dan Jordi Amat.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan