Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan gerakan pengendalian hama sundep, yang menyerang ratusan hektare areal persawahan di daerahnya.

Foto ilustrasi: Penyemprotan di Sawah akibat Sundep

"Gerdal (gerakan pengendalian) hama sundep ini digelar bersama-sama dengan petani dan petugas dari instansi terkait," kata Kabid Perkebunan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang Dadan Danny,di Karawang, Jabar, Selasa.

Ia menyebutkan gerakan pengendalian hama sundep di antaranya sudah dilakukan bersama petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan, UPTD Pertanian, serta para petani.

Ada juga gerakan pengendalian hama sundep yang digelar Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan dan Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman berkolaborasi dengan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang.

Di antara tujuan gerakan pengendalian itu ialah untuk mengintensifkan monitoring perkembangan serangan hama yang menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengamankan produksi padi dan kebutuhan pangan nasional.

Sesuai dengan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, saat ini organisme pengganggu tanaman jenis hama sundep atau penggerek batang padi telah menyerang ratusan hektare areal persawahan di Karawang.

Ratusan hektare areal persawahan yang terkena sundep itu tersebar di 23 kecamatan sekitar Karawang.(*)