Headline
---

Pascagempa Taiwan, Aktivitas Warga Normal

Aktivitas warga kembali normal usai gempa berkuatan Magnitudo 5, 5 mengguncang Hualien timur, pada Senin (21/4/2024). Hanya saja aktivitas perkantoran dan pendidikan diliburkan. 

“Siang tadi belanja, tidak ada kepanikan atau panic buying. Sejauh ini aman tapi aktivitas diliburkan,” kata Mahasiswa China Medical Universty, Indra Putra Taufani, Selasa (23/4/2024).

Indra menyebut ratusan gempa guncang Hualien hingg Selasa (23/4/2024) dini hari. Berdasarkan alat deteksi gempa, kekuatan gempa diantaranya M 4, 0 pada pukul 02. 12 dinihari, diikuti 15 menit kemudian kekuatan gempa 6,0.

Selanjutnya kekuatan gempa M 6, 3 pada pukul 02: 32 dinihari dan M 4, 6. Pada pukul 02.39, tercatat kekuatan gempa M 4, 8; M 4, 6 pukul 02.44 dan M 3, 8 pukul 04.27 waktu setempat. 

Masyarakat bersiaga dengan potensi susulan karena Hualien merupakan wilayah rawan gempa. Tidak sedikit, warga kurang tidur karena terjaga akibat gempa yang kerap mengguncang Hualien.

“Masalah utama karena gempa kemarin berguncang setiap 15 menit, terus seperti itu. Banyak masyarakat yang kurang istirahat, saya sendiri berada dipusat gempa sehingga terasa sekali getarannya,” kata Indra.

Indra memastikan berdasarkan informasi dari pemerintah melalui pemberitaan media setempat, tidak ada dampak signifikan. Hanya saja ada dua bangunan yang roboh karena kondisi yang sudah rusak imbas dampak gempa pada awal April lalu.

“Ada dua gedung roboh, yakni satu gedung kondisi tidak baik karena retakan gempa M 7, 4. Satu lagu imbas gempa semalam cukup kuat,” ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan