Situ Patenggang yang terletak di kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi pada libur panjang Idulfitri 1445 H.

Situ Patenggang

Panorama alam dengan hamparan kebun teh nya yang indah dan udaranya yang sejuk, membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menikmati Situ sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Situ Patengan itu. Situ Patenggang sendiri memiliki luas sekitar 63 hektar dan berada di ketinggian 1.600 mdpl dengan pemandangannya yang sangat eksotis.

Di balik keindahannya, Situ Patenggang juga memiliki mitos kisah percintaan yang terus dipercaya hingga kini. Kisah romantis itu melibatkan Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Konon, bagi pasangan yang mengunjungi Situ Patenggang dan menginjakan kakinya di pulau cinta yang terletak di tengah Situ itu, hubungannya akan abadi seperti kisah cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Seperti cerita yang banyak beredar di masyarakat, dikisahkan ada pasangan kekasih bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis saling dimabuk cinta. Setelah sekian lama berpisah, mereka saling mencari. Sang putra prabu dan putri titisan dewi itu pun akhirnya bertemu disuatu tempat dan memadu janji. Sang Dewi Rengganis pun meminta kekasihnya untuk membuatkan danau beserta perahu untuk dinaiki mereka berdua. Singkat cerita, maka terbentuklah Situ Patenggang seperti yang banyak dikunjungi saat ini.

Lokasi pertemuan dua sejoli itu kini dikenal dengan nama ‘Batu Cinta’. Perahu ki Santang pun kini dipercaya menjadi pulau Asmara yang berbentuk hati yang kini ada di tengah Situ Patenggang.

Tidak heran jika banyak pasangan muda-mudi yang berkunjung ke Situ Patenggang atau Patengan yang merupakan asal kata dari "Pateangan-teangan" atau saling mencari dalam bahasa Sunda itu.

Mereka berharap hubungan mereka langgeng menuju pelaminan menjadi suami isteri.

"Ya percaya ngga percaya sich pak. Cuma paling tidak menambah kepercayaan diri saja kalau hubungan kami juga akan abadi seperti kisah cintanya Dewi Rengganis dan Ki Santang yang banyak dikisahkan," tutur Mitha (23), wisatawan asal Tangerang Selatan yang sengaja berkunjung bersama pacarnya pada libur Lebaran 1445 H.(*)