Breaking News
---

Sembilan Kabupaten-Kota Terdampak Gempa Garut

Laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusadalops) BNPB mencatat sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak gempa magnitudo 6,2. Wilayah itu di antaranya Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Ciamis.

Sembilan Kabupaten-Kota Terdampak Gempa Garut

Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang juga termasuk wilayah terdampak gempa. Gempa magnitudo 6,2 tersebut mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB. 

Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer. Lokasinya berada di titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT dan tidak berpotensi tsunami. 

"Akibat gempa yang mengguncang ini sedikitnya empat orang mengalami luka-luka.  Data hingga Minggu (28/4) pukul 5.45 WIB, tercatat sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) terdampak dari gempa ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis Minggu (28/4/2024).

Dari jumlah ini, warga terdampak paling banyak berada di Kabupaten Garut. Rinciannya adalah tiga orang luka-luka dan empat KK terdampak. 

Sementara, di Kabupaten Tasikmalaya, satu orang mengalami luka-luka. Sebanyak delapan KK terdampak gempa di Kabupaten Tasikmalaya dan lima KK terdampak di Kota Tasikmalaya. 

"Laporan juga menyebut total rumah yang rusak akibat gempa ini berjumlah 27 unit. Rincian berdasarkan tingkat kerusakannya meliputi empat unit rumah rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), lima unit rumah rusak ringan (RR), serta tujuh unit rumah terdampak," katanya.

Selain tempat tinggal atau rumah, bencana geologi ini juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan fasilitas publik. Tempat ibadah, sekolah, dan sarana kesehatan turut rusak akibat gempa.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan