Breaking News
---

Update BPBD Jabar Gempa Garut, 288 Rumah Rusak

Update gempa bumi Garut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Jawa Barat mencatat hingga pukul 23.00 WIB Minggu (28/4/2024) sebanyak delapan rumah warga rusak berat, 56 rusak sedang, dan 191 rusak ringan, yang tersebar di 17 daerah terdampak.

Update BPBD Jabar Gempa Garut, 288 Rumah Rusak

Analisis Bencana Koordinator Kedaruratan Bencana BPDB Jawa Barat Hadi Rahmat, selain merusak rumah warga, gempa juga mengakibatkan kerusakan tujuh bangunan rusak, enam fasilitas kesehatan, delapan tempat ibadah, dan tujuh bangunan sekolah.

“Sebanyak 11 orang mengalami luka-luka, dan warga yang terdampak 536 jiwa,” jelas Hadi dalam pesan elektroniknya yang diterima RRI, Senin (29/4/2024).

Hadi juga mengungkapkan, bangunan rumah warga yang rusak terbanyak di Kabupaten Ciamis sekitar 46 unit. Kemudian Kabupaten Bandung 42 unit, Garut 42 unit, Kabupaten Tasikmalaya 21 unit, dan Kota 24 unit.

Sedangkan warga terdampak menurut Hadi, Kabupaten Bandung terbanyak yakni sekitar 167 jiwa. Kemudian Kota Tasikmlaya 100 jiwa, Kabupaten Bogor 65 jiwa, dan Kabupaten Ciamis 56 jiwa.

“Jumlah terdampak masih bisa berubah, masih dilakukan pencatatan di lapangan,”jelas dia.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitude 6,5 terjadi pada Sabtu (27/4/2024) malam di Barat Daya Kabupaten Garut. Akibat gempa bukan hanya terdampak di Kabupaten Garut, namun juga beberapa wilayah lainnya seperti diantaranya, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Banjar, Pangandaran, dan Bandung Barat.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan