Breaking News
---

Bersihkan Mesin Cuci Berkerak Tanpa Harus Dibongkar, Ini Tipsnya!

Sebagaimana peralatan elektronik pada umumnya, mesin cuci yang sering digunakan lama-kelamaan pasti berisiko kotor. 

Bersihkan Mesin Cuci Berkerak Tanpa Harus Dibongkar, Ini Tipsnya!

Noda lumut atau kerak seringkali bersarang di dalam dan di sela-sela tabung mesin cuci. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut bisa menempel pada pakaian yang dicuci di dalamnya. 

Selain itu, noda kerak juga dapat menghambat dan merusak kinerja mesin cuci. Namun, banyak orang masih kesulitan menemukan cara yang mudah untuk membersihkan mesin cuci, terutama pada bagian sela-sela yang sulit dijangkau. 

Dilansir dari laman berbagai sumber, mengenai cara ampuh dan  ada trik sederhana dan lebih terjangkau untuk membersihkan kerak pada mesin cuci.

1.    Persiapkan Alat dan Bahan

Berdasarkan konstruksi pemakaiannya, mesin cuci baju dan pakaian setidaknya dibedakan menjadi dua jenis. Salah satunya yakni mesin cuci bukaan atas atau yang dikenal pula dengan sebutan top loading. Untuk membersihkan bagian tabungnya, pertama-tama tentu kamu harus menyiapkan alat dan bahan. Sebut mereka seperti kain mikrofiber, air panas/hangat, kuas kecil, botol semprotan dan produk sabun pembersih mesin cuci. Berbagai bahan alternatif lain pengganti sabun khusus pembersih mesin cuci juga dapat pilih. Misalnya saja seperti baking soda, cuka ataupun cairan pemutih.

2.    Masukkan Air Panas dan Jalankan Siklus Pembersihan

Setelah alat dan bahan siap sedia, barulah proses pembersihan tabung mesin cuci bukaan atas dapat dilakukan. Langkah berikutnya yakni memasukkan air panas ke dalam tabung mesin cuci. Namun sebelum melakukannya, pastikan tabung mesin cuci dalam keadaan kosong. Setelah tabung terisi dengan air panas, jalankan siklus pembersihan seperti biasa. Sederhananya, nyalakan mesin cuci seperti biasa untuk memutar tabung pencucian. Tidak perlu lama-lama, maksud dari langkah ini adalah mengangkat kembali semua residu yang tertinggal di tabung. Jangan kaget apabila air panas yang dimasukkan tadi berubah menjadi keruh. Jika sudah seperti itu, segera alirkan air kotor itu melalui lubang pembuangan. Setelah membersihkan tabung dengan air panas, kamu bisa mengaplikasikan bahan pembersih mesin cuci yang tadi disiapkan. Umumnya tiap produk sabun pembersih mesin cuci punya petunjuk pemakaian masing-masing, jangan bingung alias ikuti saja. Opsi lain adalah dengan mengaplikasikan bahan-bahan alternatif seperti baking soda, cuka putih dan cairan pemutih pakaian.

3.    Angkat dan Bersihkan Dispenser Detergen

Dispenser detergen merupakan salah satu bagian mesin cuci yang juga berhubungan dengan tabung. Oleh karenanya, sempatkan pula membersihkan bagian ini ketika merawat tabung mesin cuci. Tidak begitu sulit, cukup angkat dispenser detergen dan segera bersihkan. Untuk membersihkannya, rendam dalam cairan air sabun hangat. Agar mendapat hasil maksimal, gosok perlahan dispenser detergen hingga tiada residu tertinggal. Jangan lupa untuk membersihkan pula bagian laci dispenser detergen yang ada di mesin cuci.

4.    Bersihkan Tiap Sudut dan Sela-sela

Fokus kembali pada bagian tabung mesin cuci bukaan atas alias top loading. Tidak jarang masih ada sisa kotoran yang tertinggal walaupun sudah dibersihkan dengan air panas. Oleh karena itu, jangan lewatkan tiap sudut dan sela-sela tabung mesin cuci. Apabila masih nampak kerak yang menempel, atasi dengan kain mikrofiber yang tadi sudah disiapkan. Namun demi keamanan, pastikan kamu sudah mencabut kabel listrik mesin cuci ketika ingin melakukan langkah ini. Gunakan botol semprot yang berisikan air sabun untuk membasahi kerak. Setelah itu, gosok perlahan dengan kain mikrofiber yang tersedia. Manfaatkan pula kuas kecil untuk membersihkan sela-sela yang lebih sulit dijangkau.

5.    Akhiri dengan Lap Kain Mikrofiber yang Lembab

Seperti yang sudah disebutkan, gunakan kain mikrofiber untuk mengatasi sedikit kerak yang tertinggal. Apabila sudah dirasa cukup, bilas kembali tabung mesin cuci dengan air bersih. Jangan tunggu hingga mengotori tabung lagi, segera alirkan air kotor itu melalui saluran pembuangan. Bukan hanya tabung saja, kain mikrofiber lembab juga bisa dimanfaatkan untuk menyeka bagian luar mesin cuci. Gunakan kain mikrofiber lembab untuk menghilangkan debu, kotoran, dan bekas tetesan air cucian. Tabung mesin cuci yang selalu bersih tidak hanya bebas bau, namun pula anti kerak. Lebih dari itu, residu cucian sebelumnya tidak akan mengotori baju dan pakaian yang dibersihkan.

Sekarang saatnya Anda periksa tabung mesin cuci di rumah, siapa tahu kerak dan bau tidak sedap yang muncul pada mesin cuci menggugah Anda untuk membersihkannya segera. Selamat mencoba! (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan