Breaking News
---

Simak Rangkaian Agenda hingga Tema WWF Bali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menuturkan, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rangkaian agenda World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali.  Rangkaian acara dimulai, Sabtu (18/5) dengan kegiatan Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali (KKB).

Untuk seremoni pembukaan WWF akan digelar pada Senin pagi, 20 Mei 2024 di Bali International Convention Center (BICC). Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka forum WWF ini.

Forum ini akan diadakan di dua venue Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di kawasan The Nusa Dua pada tanggal 18-25 Mei 2024. Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua, Bali akan menjadi lokasi High Level Meeting pada 20-21 Mei 2024. 

Dilanjutkan dengan interface meetings bersama penanggung jawab proses politik, tematik, dan regional serta pertemuan bilateral beberapa kepala negara. Sementara itu, Nusa Dua Hall, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), juga akan menjadi lokasi Opening Fair and Expo. 

Fair and Expo akan diselenggarakan di beberapa lokasi seperti BNDCC, BICC, Bali Collection Nusa Dua dan Pantai Kuta pada 20- 25 Mei 2024. Salah satu sorotan yang tak kalah menarik adalah kegiatan Pawai Budaya “Samudra Cipta Peradaban”, yang berlangsung di area kawasan The Nusa Dua tanggal 20 Mei 2024, pada pukul 17.00 - 18.00 Wita.

Pawai budaya ini akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang akan mempesona para delegasi dan menambahkan sentuhan lokal pada acara tersebut. Berikut adalah rangkaian acara World Water Forum 2024.

· Pembukaan World Water Forum 2024 akan berlangsung di Pantai Melasti Bali pada 18 Mei 2024. Acara pembukaan ini bertajuk Balinese Water Purification Ceremony.

· Welcoming Gala Dinner akan dilaksanakan di GWK Cultural Park pada 19 Mei 2024.

· Opening Ceremony dan High-Level Meeting akan dilaksanakan di BICC pada 20-21 Mei 2024.

· Pembukaan Fair and Expo akan dilaksanakan di BNDCC, BICC, dan Pantai Kuta pada 20 Mei 2024.

· Sesi proses politik, tematik, dan regional akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024.

· Cultural Night akan dilaksanakan di Taman Bhagawan pada 24 Mei 2024.

· Closing Ceremony akan dilaksanakan di Mangupura Hall pada 25 Mei 2024.

Awal Mula World Water Forum

Dikutip dari situs Kemenparekraf RI, World Water Forum pertama kali digelar pada 1997 dengan Kota Marrakesh, Maroko bertindak sebagai tuan rumah (host country) dan World Water Council (WWC) selaku co-host-nya. Pertemuan selanjutnya dilakukan setiap 3 tahun sekali dengan mengundang peserta dari berbagai sektor, baik pemerintahan, akademisi, NGO, swasta maupun water communities lainnya.

Simak Rangkaian Agenda hingga Tema WWF Bali

World Water Forum kedua digelar di Kota Den Hag, Belanda pada 2000. Kemudian, berturut-turut di Jepang tahun 2003, di Meksiko tahun 2006, di Istanbul tahun 2009, di Marseille, Prancis tahun 2012, di Korea Selatan tahun 2015, di Brazil tahun 2018, dan di Senegal tahun 2022.

World Water Forum digelar dengan tujuan utama memperkuat kolaborasi dan kemitraan global untuk mencari jalan dan mengatasi tantangan air dan sanitasi. Selain itu, ada beberapa tujuan turunan yang ingin dicapai dalam setiap gelarannya.

Pertama adalah meningkatkan nilai strategis air dengan membangun komitmen politik dalam pemajuan manajemen air dan sanitasi (SDGs 6). Kedua, meningkatkan awareness terhadap air sebagai critical concern global.

Ketiga, sebagai multi-stakeholder event untuk mendiskusikan dan berbagi pengalaman. Serta mengembangkan pengetahuan dan praktik baik dalam tata kelola air dan sanitasi.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan