Breaking News
---

Bahaya Konsumsi Makanan Pedas saat Perut Kosong

 Bagi Anda penyuka makanan pedas, maka harus tetap waspada terhadap penyebab yang akan ditimbulkan setelahnya. Apalagi jika menyantap makanan pedas dalam keadaan perut kosong, itu akan berbahaya bagi tubuh.

Bahaya Konsumsi Makanan Pedas saat Perut Kosong

Bahkan, para ahli sempat memperingatkan, bahwa mengonsumsi makanan yang sangat pedas memiliki risiko kesehatan. Terutama jika Anda tidak terbiasa mengonsumsinya, karena tetap ada bahaya yang mengintai.

Dirangkum melalui Halodoc, berikut penjelasan mengenai bahaya mengonsumsi makanan sehat saat perit kosong. Diantaranya:

1. Permasalahan pada saluran pencernaan

Hal pertama yang akan timbul ketika menyantap makanan pedas dalam perut kosong yakni gangguan pencernaan. Sebab, makanan pedas bisa menjadi pemicu reaksi buruk pada saluran pencernaan  

Perlu diketahui bahwa senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, seperti capsaicin, bisa merangsang produksi asam lambung berlebih.  Maka kondisi inilah yang dapat memicu terjadinya sakit perut, mulas atau bahkan mual. 

Jika Anda sudah memiliki masalah pencernaan seperti sakit maag atau refluks asam lambung. Mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat memperparah gejala tersebut.

2. Risiko gangguan lambung

Masalah kedua yakni dapat meningkatkan risiko mengalami gangguan lambung. Hal itu karena makanan pedas dapat memicu terjadinya iritasi pada lapisan lambung yang bersifat sensitif.

Serta juga akan merangsang terjadinya peradangan dan kerusakan jaringan. Gangguan lambung yang dapat terjadi seperti gastritis atau radang lambung. 

Penyakit lambung jenis ini dapat menimbulkan gejala tidak nyaman. Seperti halnya sakit perut, gangguan pencernaan bahkan pendarahan lambung pada kasus yang parah.

3. Gangguan pada sistem pencernaan

Makanan pedas yang masuk ke dalam pencernaan saat perut kosong ternyata juga bisa mengganggu keseimbangan mikrobiota usus. Sebab, Mikrobiota usus adalah sekelompok mikroorganisme yang hidup di saluran pencernaan dan berperan penting dalam kesehatan pencernaan. 

Konsumsi yang terlalu berlebihan dapat mengganggu keseimbangan flora usus yang selanjutnya dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan. Seperti halnya timbul diare, konstipasi atau sindrom iritasi usus besar.

4. Rasa lapar yang tidak terpuaskan saat konsumsi makanan pedas

Rasa kenyangnya hanya bersifat sementara, sehingga memakannya dengan perut kosong dapat mencegah rasa lapar yang sehat. Ini dapat menghilangkan rasa lapar alami.

Sehingga asupan nutrisi seimbang dan bergizi menjadi lebih sedikit atau bahkan terlewat. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi, dan kekurangan energi, yang berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan.

5. Timbul rasa sakit pada mulut dan tenggorokan

Kandungan capsaicin pada makanan pedas yang dikonsumsi dapat mengaktifkan reseptor saraf yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak. Sehingga timbul sensasi nyeri yang menyakitkan, namun bersifat sementara. 

Ditambah lagi, hal ini diperparah jika dikonsumsi dengan suhu yang panas. Walaupun bisa memberikan sensasi yang menyenangkan, penting bagi kita untuk mempertimbangkan kondisi perut kita sebelum mengonsumsinya.

Jika kamu mempunyai masalah pencernaan atau sensitivitas terhadap jenis makanan ini, sebaiknya konsumsi dengan porsi secukupnya. Jangan lupa, imbangi dengan asupan yang bergizi. 

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan