Breaking News
---

Diwarnai Dua Penalti, Timnas Indonesia Dikalahkan Irak 0-2

Timnas Indonesia menelan kelalahan 0-2 saat menghadapi Irak pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dua eksekusi penalti mewarnai laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Diwarnai Dua Penalti, Timnas Indonesia Dikalahkan Irak 0-2

Irak sempat mencetak gol pada menit ke-16 melalui sundulan Ibrahim Bawesh. Beruntung, wasit menganulir gol Bawesh karena dianggap lebih dulu melakukan dorongan kepada bek Indonesia.

Pada menit ke-33, Indonesia memiliki peluang emas untuk memecah kebuntuan. Lewat serangan balik cepat dari sisi kanan, Shandy menusuk ke dalam kotak penalti.

Shandy dengan mampu mengirimkan umpan tarik menuju Rafael Struick. Akan tetapi, sepakan pemain bernomor punggung 11 itu masih lemah dan dengan mudah diselamatkan oleh kiper Irak.

Indonesia kembali mendapat peluang emas di menit ke-40 lewat kerja sama apik terjadi di antara Shandy, Rafael, dan Ragnar. Namun sayang, penyelesaian akhir yang dilakukan oleh Ragnar masih mampu di blok oleh bek Irak. 

Di babak kedua, Irak mendapat hadiah penalti pada menit ke-53. Wasit Shaun Evans menunjuk titik putih setelah bola mengenai tangan Justin Hubner di kotak terlarang.

Aymen Hussein yang menjadi eksekutor penalti mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Top skor Piala Asia 2024 lalu itu membawa Irak unggul 1-0 lewat eksekusi penalti.

Petaka datang kepada kubu Indonesia, karena harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-59. Jordi Amat mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Irak di tepi kotak penalti.

Pada menit ke-63, Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Asnawi, Malik Risaldi, Pratama Arhan masuk menggantikan Shandy, Thom Haye, dan Shayne Pattynama.

Irak kembali mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-72 setelat kiper Ernando Ari menjegal pemain Irak. Beruntung, eksekusi penalti Aymen Hussein masih melambung jauh di atas mistar gawang Indonesia.

Ragnar Oratmangoen nyaris cetak gol penyamaka kedudukan di menit ke-79. Lewat aksi individu ciamik, sontekan Ragnar masih mampu ditepis kiper Jalal Hassan.

Pada menit ke-87, Indonesia tertinggal 0-2 setelah Irak mampu mencetak gol keduanya. Kiper Ernando Ari terlalu lama memegang bola di kotak penalti yang kemudian direbut oleh Ali Jasim. 

Pemain Irak bernomor punggung 17 itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong. Skor 0-2 untuk kemenangan Irak bertahan hingga pertandingan usai.


Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, Thom Haye, Shandy Walsh; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Timnas Irak (4-2-3-1): Jalal Hassan; Hussein Ali, Frans Putros, Zain Tahseen, Rebin Sulaka; Safaa Hadi, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal, Ali Jassim, Ibraheem Bayesh; Aymen Hussein

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan