Breaking News
---

Inilah Beberapa Jenis Ikan yang Baik Untuk Dikonsumsi Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang hadir di setiap sel tubuh, berperan dalam pemrosesan vitamin D, pencernaan makanan, dan produksi hormon.

Foto ilustrasi

kolesterol terbagi menjadi dua jenis yaitu, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kelebihan kolesterol dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung atau strok. Untuk mencegah hal ini, menurunkan kolesterol melalui olahraga dan pola makan seimbang dengan memilih makanan rendah kolesterol secara alami sangatlah penting.

Berikut ini beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, dilansir dari beritasatu, Selasa (4/6/24).

1. Ikan tuna
Ikan tuna adalah sumber protein dan lemak sehat yang bermanfaat bagi orang dengan kadar kolesterol yang tinggi. Lemak yang terdapat dalam tuna khususnya didominasi oleh asam lemak omega-3.

Tuna juga kaya akan vitamin B12, selenium, fosfor, dan nutrisi-nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh.

2. Ikan makarel
Ikan makarel kaya akan asam lemak omega-3. Ini membantu menurunkan kolesterol, sehingga makarel merupakan ikan makanan penting yang dikonsumsi di seluruh dunia. Selain untuk menurunkan kolesterol, ikan makarel bisa membantu dalam menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

3. Ikan kod
Meskipun ikan kod tidak berlemak seperti ikan salmon atau makarel, tetap bermanfaat untuk penderita kolesterol tinggi. Ikan kod mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup, meskipun tidak sebanyak ikan berlemak lainnya.

4. Ikan sarden
Sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Ini membantu menjaga kadar kolesterol. Sarden juga kaya akan mineral utama, seperti fosfor, kalsium, kalium, dan beberapa mineral (zat besi dan selenium).

5. Ikan haring
Ikan haring bisa menjadi pilihan untuk penderita kolesterol tinggi, tergantung jenisnya. Ikan haring Atlantik, ikan haring Pasifik, dan ikan haring asap menjadi jenis ikan yang baik untuk kolesterol tinggi.

6. Ikan salmon
Salmon merupakan pilihan yang sangat baik bagi individu dengan kadar kolesterol tinggi. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Selain itu, salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi dan memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi salmon secara teratur, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

7. Ikan trout
Trout merupakan pilihan yang bagus untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Trout juga rendah lemak dan mengandung protein tinggi, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Ikan teri
Meskipun kurang terkenal dibandingkan salmon atau trout dalam menurunkan kolesterol, ikan teri masih merupakan bagian sehat dari diet untuk penderita kolesterol tinggi. Teri memiliki jumlah asam lemak omega-3 yang lebih rendah daripada ikan-ikan lainnya seperti salmon, tetapi masih memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, teri adalah sumber protein yang baik dan rendah lemak jenuh. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan