Breaking News
---

Jemaah Dilarang Bawa Air Zamzam dalam Koper

Jemaah haji Indonesia diimbau tidak membawa air zamzam di dalam koper bagasi dan kabin saat kembali pulang. Ini karena hal tersebut dilarang pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Jemaah Dilarang Bawa Air Zamzam dalam Koper

Demikian Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab, Sabtu (23/6/2024) waktu Saudi.  Menurut dia, jemaah akan tetap mendapat jatah air zamzam setibanya di Indonesia.

"Masing-masing mendapatkan lima liter air zamzam," ujarnya di Madinah. Sehingga, jemaah tidak perlu membawa lagi air zamzam ke dalam pesawat dalam bentuk apa pun. 

Jika tetap nekat menyembunyikan air zamzam, akan berpotensi merepotkan jemaah di bandara. "Tentunya nanti akan menghambat proses penerbangan," kata Saiful.

Sebelumnya disebutkan bahwa Kerajaan Arab Saudi melarang jemaah haji membawa air zamzam di dalam koper. Jika ketahuan maka selain dibongkar akan didenda SAR6.000 atau setara Rp25 juta. 

Hal ini mengacu pada aturan GACA Authority KSA. Isinya melarang penumpang menyimpan air zamzam dalam tas bawaan penumpang maupun koper di bagasi.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan