Breaking News
---

Kunyit Asam, Herbal yang Tak Kalah Baik Manfaatnya

 Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang populer. Manfaatnya bagus untuk meredakan nyeri haid hingga membantu menurunkan berat badan.

Kunyit Asam, Herbal yang Tak Kalah Baik Manfaatnya


Di Indonesia, setiap tanggal 27 Mei diperingati sebagai Hari Jamu Nasional. Hari ini bermula sejak jamu ditetapkan sebagai kearifan lokal Indonesia sejak 27 Mei 2008.

Tak hanya itu, jamu juga tercatat sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kemendikbudristek sejak 2018. Jamu sebagai ramuan dari tumbuhan obat sudah digunakan secara turun temurun.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (29/5/24), berikut sederet manfaat kunyit asam bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamu kunyit asam terbuat dari rimpang kunyit dan asam Jawa. Keduanya dikemas dengan senyawa penting. Seperti asam Jawa yang mengandung asam amino esensial.

Nutrisi tersebut berperan memproduksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun, sehingga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Begitu juga dengan kunyit yang mengandung kurkumin.

Dilansir dari Healthline, kurkumin senyawa yang memberikan warna kuning pada kunyit memiliki efek anti peradangan. Ini bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Meredakan Nyeri Haid

Kurkumin yang terkandung pada kunyit juga dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi. Salah satunya yang berjudul "Effectiveness of turmeric tamarind and warm compression in the dysmenorrhea degression: Non pharmacologic therapy".

Dalam penelitian tersebut, asam kunyit terbukti lebih efektif terhadap penurunan dismenore pada subjek penelitian. Ini membuktikan bahwa terapi kunyit asam memiliki efek dalam penurunan nyeri haid.

Lebih lanjut, peneliti juga menyebutkan bahwa kunyit secara alami mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik, antipiretik, dan antiinflamasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Jamu kunyit asam kerap dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan. Mengingat jamu ini dapat mengendalikan kadar gula dan kolesterol dalam darah.
Kondisi tersebut akan mengurangi risiko obesitas atau kegemukan.

Menurut buku berjudul Aneka Resep Jamu yang Baik untuk Kesehatan oleh Farhan Ghazali, asam Jawa bagus untuk metabolisme. Tak hanya itu, kurkumin pada kunyit mampu membantu pergerakan otot pada sistem pencernaan. Ini membantu gas dalam perut agar lebih mudah dihilangkan.

4. Mengatasi Bau Badan

Tak hanya kurkumin, rimpang kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak tersebut dapat mengontrol produksi keringat di tubuh dan melawan bakteri penyebab bau badan.

Jadi, bau badan dapat diatasi dengan rutin minum jamu kunyit asam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Rutin minum jamu kunyit asam bisa meningkatkan fungsi otak. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek neuroprotektif yang juga mampu menangkal penyakit neurodegeneratif.

Penyakit tersebut memiliki keluhan yang sama dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Tak hanya itu, kunyit asam juga dapat menurunkan risiko depresi.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan