Breaking News
---

Legislator Minta Bekukan Travel Langgar Aturan Visa Haji

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang meminta Pemerintah untuk membekukan travel haji gunakan visa umroh untuk haji. Ia menyebut puluhan jemaah Indonesia terkena razia oleh Pemerintah Arab Saudi karena melanggar aturan penggunaan visa haji resmi.

Legislator Minta Bekukan Travel Langgar Aturan Visa Haji

Marwan yang merupakan politisi PKB mendorong Pemerintah memberikan sanksi pidana kepada travel haji yang terbukti melanggar. Ia menyatakan kasus ini dapat mencoreng Indonesia dan merugikan jemaah yang menjadi korban travel haji tersebut.

"Menyarankan pemerintah yang punya wewenang untuk bekukan semua agen travel yang menelantarkan atau menjerumuskan jemaah itu. Seret saja ke pidana karena ini sudah mempermalukan kita di dunia perhajian, juga sudah membahayakan jemaah kita," ujar Marwan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Menurut Marwan, sejumlah travel haji membohongi jemaah dengan visa furoda, kenyataannya jemaah hanya mendapatkan visa umroh. Ia juga menyarankan agar Pemerintah Indonesia membatasi visa ke Arab Saudi pada masa musim haji.

"Menjadi kebijakan semuanya, dideportasi artinya 10 tahun ke depan tidak bisa masuk, ini kan merugikan semua. Pemerintah tidak boleh mendiamkan sekarang dunianya digital, Pemerintah harusnya bisa kejar itu," ucapnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan