Breaking News
---

Orang Tua Diminta Waspada, Ini Ciri-ciri Anak Obesitas

Anak dengan ciri-ciri perut besar, muka bulat, dan dagu tebal merupakan salah satu tanda obesitas yang dapat dikenali. Hal itu disampaikan Ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak FKUI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Klara Yuliarti. 

Orang Tua Diminta Waspada, Ini Ciri-ciri Anak Obesitas

"Tanda khususnya, sang anak wajahnya bulat, dagu tebal dan perutnya juga buncit sekali. Kemudian juga pada anak itu kelihatan payudaranya membesar," kata Klara, Kamis (6/6/2024). 

Selanjutnya Klara mengungkapkan bahwa obesitas akibat terjadinya penimbunan jaringan lemak yang berlebihan pada tubuh seseorang. Baik dewasa maupun anak-anak.

"Pada anak yang menderita obesitas parah. Umumnya mengalami komplikasi berat di mana kakinya akan terlihat berbentuk X atau 0," ujarnya. 

Untuk itu ia mengimbau para orang tua untuk berkonsultasi ke dokter perihal masalah obesitas pada anak. Mengingat kasus obesitas yang paling banyak saat ini disebabkan oleh faktor gaya hidup lingkungan dan nutrisi. 

Oleh karenanya Klara merekomendasikan kepada orang tua untuk mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak-anak secara berkala. "Makanya ada Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) itu untuk memeriksa secara berkala," ucapnya. 

"Di bawah usia 2 tahun sebulan sekali, di atas 2 tahun bisa lebih jarang. Tapi secara umum anak di balita itu bisa mengecek setiap bulan sekali," katanya.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan