Breaking News
---

Risih Kaki Kapalan? Ini Sederet Cara Rumahan yang Ampuh Mengatasinya

Kapalan di kaki ditandai dengan kulit yang menebal, mengeras, dan menonjol dengan warna kekuningan. Kapalan di kaki timbul akibat adanya tekanan atau gesekan berlebihan pada area kaki yang terjadi secara berkepanjangan.

Risih Kaki Kapalan? Ini Sederet Cara Rumahan yang Ampuh Mengatasinya

Karena bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, kapalan di kaki perlu untuk dihilangkan. Cara menghilangkan kapalan di kaki pun cukup beragam dan mudah untuk dilakukan di rumah.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (12/6/24), berikut sederet cara menghilangkan kapalan di kaki ala rumahan yang efektif, antara lain:

1. Merendam kaki ke dalam air hangat

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang paling sederhana adalah merendam kaki yang kapalan ke dalam air hangat selama 20 menit. Setelah itu, keringkan kaki dengan handuk dan gosok lapisan kulit yang kapalan secara perlahan menggunakan jari tangan Anda.

Merendam kaki ke dalam air hangat mampu melunakkan kulit yang mengeras sehingga kapalan lebih mudah untuk dikikis.

2. Menggosok kaki memakai batu apung

Jika di rumah ada batu apung, cobalah menggosok kaki yang kapalan menggunakan batu tersebut setelah Anda merendam kaki ke dalam air hangat. Gosok kaki secara perlahan dengan gerakan memutar supaya lapisan kulit yang kapalan mengelupas.

Setelah selesai, oleskan pelembap secara rutin. Jangan menggosokkan batu apung kencang-kencang atau berlebihan karena bisa menyebabkan perdarahan dan infeksi.

3. Merendam kaki dengan cuka apel

Anda dapat memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan kapalan di kaki. Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan metode ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:4 ke dalam baskom.

Masukkan kaki yang kapalan ke dalam air selama 20 menit. Setelah itu, gosok kulit yang kapalan secara perlahan. Lakukan cara ini secara rutin supaya kapalan bisa segera hilang.

4. Merendam kaki dengan air perasan lemon dan soda kue

Tak hanya menggunakan cuka apel, Anda juga bisa merendam kaki ke dalam campuran air perasan lemon dan baking soda. Cara menghilangkan kapalan di kaki ini cukup efektif karena kandungan asam pada lemon dan hidrogen karbonat dalam soda kue bisa membuat kapalan lebih mudah untuk dihilangkan.

Anda cukup merendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Setelah beberapa menit, tambahkan soda kue ke dalam air agar kapalan bisa lebih mudah rontok.

5. Mengoleskan obat kapalan

Jika cara-cara menghilangkan kapalan di kaki sebelumnya tidak juga membuat kapalan hilang, Anda dapat mengoleskan obat kapalan yang dijual secara bebas di apotik.

Obat kapalan umumnya memuat kandungan tertentu, seperti asam salisilat, ammonium laktat, dan urea, yang mampu melembutkan sekaligus meluruhkan kulit kapalan.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan