Breaking News
---

Satlantas Polres Karawang Berikan Pelatihan 12 Gerakan Lalu Lintas Kepada Linmas

Satlantas Polres Karawang melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan 12 gerakan dasar lalu lintas kepada anggota Linmas se-Kabupaten Karawang, Sabtu (22/6/2024).
Satlantas Polres Karawang Berikan Pelatihan 12 Gerakan Lalu Lintas Kepada Linmas


Pelatihan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Pemda Karawang itu, guna mengetahui 12 gerakan dasar lalu lintas yang baik dan benar, serta pada saat melakukan pengaturan arus lalu lintas dapat berjalan dengan baik serta lancar.

Latihan 12 gerakan dasar tersebut terdiri dari isyarat gerakan menghentikan arus lalu lintas diikuti tiupan satu kali peluit panjang, isyarat gerakan perintah menjalankan arus lalu lintas diikuti dua kali tiupan peluit pendek dan isyarat gerakan percepat atau perlambat arus kendaraan diikuti 3 kali tiupan pendek.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Lucky Martono menjelaskan, 12 gerakan lalu lintas ini bukan hanya harus dikuasai oleh personel Satlantas saja, namun juga seluruh anggota Linmas.

Menurutnya, pengaturan lalu lintas juga termasuk dalam manajemen lalu lintas yang bertujuan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Kemudian, pentingnya aba-aba 12 gerakan pengaturan lalu lintas yang disampaikan oleh petugas, memiliki tujuan agar arus lalu lintas lebih tertib meski dalam volume padat," ujar Lucky.

Satlantas Polres Karawang Berikan Pelatihan 12 Gerakan Lalu Lintas Kepada Linmas

"Sehingga, petugas pengaturan lalu lintas dapat menguasai dan mengendalikan arus lalu lintas agar lancar, serta meminimalisir terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas," lanjut Kasat Lantas.

Untuk itu, Lucky menandaskan, latihan ini menjadi penting, karena untuk mengingatkan kembali bagaimana cara bertindak serta memecahkan masalah jika terjadi kemacetan.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan