Breaking News
---

Apakah Alergi Bisa Dihilangkan? Simak Penjelasannya

Banyak orang tua yang mungkin bertanya-tanya tentang apakah alergi bisa disembuhkan. Utamanya, jika alergi menyerang buah hatinya yang masih kecil.

Foto ilustrasi

Dokter anak konsultan alergi dan imunologi, Budi Setiawan mengatakan, alergi merupakan penyakit yang sebenarnya sulit untuk disembuhkan. Saat anak terkena alergi makanan tertentu atau hal lainnya, maka alergi tersebut akan tetap bersama anak ini sepanjang hidupnya.

"Yang namanya penyakit alergi itu tidak bisa hilang. Kalau si anak punya bakat alergi, kondisi itu akan terus ada dalam tubuhnya," ujar Budi.

Namun, alergi sebenarnya bisa mengalami remisi. Menurut Budi, ada istilah remisi alamiah terkait alergi ini. Artinya, alergi bisa melemah seiring waktu, meski tidak hilang 100 persen.

"Misal di tahun pertama itu alergi bisa tidak ada sebesar 50 persen, tahun selanjutnya 67 persen, lalu menyusul lagi 90 persen. Memang tidak hilang, tapi makin lemah, jadi gejalanya makin minim begitu ya," terangnya.

Untuk mengatasinya, ia meminta orang tua untuk lebih sigap dan aktif dalam memperhatikan asupan makanan si kecil. Caranya dengan meminimalisir konsumsi makanan yang mengandung pemicu alergi.

"Jadi kalau anak sudah didiagnosa alergi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah hindari makanan tersebut, termasuk turunannya," tuturnya.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan