Breaking News
---

Buntut Peretasan, Dirjen Aptika Mengundurkan Diri

Semuel Abrijani mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Foto : Semuel Abrijani

Pengunduran dirinya itu sebagai buntut gagalnya pengamanan server pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya.

Semmy sapaan akrabnya menyatakan, gagal sebagai pejabat pengampu di Kemenkominfo. Untuk itu, sebagai tanggung jawab moralnya, dia memutuskan mundur dari jabatannya.

"Saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan harus selesainya di saya, karena ini seharusnya ditangani dengan baik. Kejadian ini bagaimanapun juga secara teknis tanggung jawab saya, sebagai Dirjen pengampu," kata Semmy dalam konfrensi pers terakhirnya di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Ketika dikonfirmasi mengenai surat pengunduran dirinya kepada Menkominfo Budi Arie Setiadi, dia mengatakan, telah menyerahkannya. Pemberitahuan pengunduran dirinya itu bahkan telah disampaikan secara lisan dan tertulis.

"Saya menyatakan per tanggal 1 Juli 2024, saya mengajukan pengunduran diri saya secara lisan. Kemudian, suratnya sudah saya sampaikan kemarin pada Menteri Kominfo," katanya, mengungkapkan.

Diketahui, insiden peretasan Pusat Data Nasional Sementata (PDNS) 2 Surabaya terjadi sejak 20 Juni 2024. Pihak peretas sebelumnya meminta tebusan sekitar Rp131 miliar, untuk melepas sejumlah data yang terkunci dalam sistem ransomware.

Namun kabar terbaru, mereka akan memberikan kunci secara cuma-cuma. Kendati demikian, hingga kini pemerintah masih terus berupaya memulihkan data tersebut. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan