Breaking News
---

Lima Fakta Unik Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh tanggal 4 Juli setiap tahunnya merupakan salah satu peringatan Kemerdekaan paling ditunggu. Hari Kemerdekaan mendapat julukan 'Fourth of July' menjadi pengingat bahwa AS pernah mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan pada 4 Juli 1776. 

Lima Fakta Unik Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Dalam deklarasi yang dikeluarkan pada tanggal tersebut, ada 13 koloni negara yang memerdekan diri dari Britania Raya. Deklarasi ini tulis oleh Thomas Jefferson yang menjelaskan Kerajaan Inggris tidak memiliki hak atas Kemerdekaan 13 koloni negara. 

Kira-kira apa sih yang menjadi hal menarik tentang Fourth of July di Amerika? Yuk simak faktanya di bawah ini.

1. Fourth of July juga Dirayakan di Luar Amerika Serikat

Tahukah Anda, bahwa Perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat tidak hanya dirayakan di negara itu saja. Melainkan di beberapa negara di belahan dunia, seperti Australia, Irlandia, Denmark, hingga Norwegia. 

Diantara keempat negara yang merayakan Fourth of July, Denmark menjadi negara yang memiliki acara yang cukup meriah. Salah satunya adalah Festival Rebild yang melakukan piknik dan musik secara teratur. 

2. Amerika Miliki 27 Versi Bendera Resmi dari Tahun 1777 - 1960

Tidak bisa dipungkiri bahwa negara yang berdiri sejak tahun 1777 ini mempunyai 27 bendera dengan versinya masing-masing. Uniknya, hanya ada 25 bendera saja yang mengalami perubahan pada bagian bintang.

Sejak 1818, jumlah bintang pada bendera Amerika Serikat mencerminkan jumlah negara bagian. Bintang baru ditambahkan ke bendera pada tanggal 4 Juli setelah pengakuan, yang terakhir pada tahun 1959. 

3. Polusi Udara Meningkat Akibat Kembang Api

Sebagai bagian dari masalah kualitas udara di AS disebabkan oleh asap kebakaran hutan di Kanada. Setiap tanggal 4 Juli, kualitas udara di AS mengalami peningkatan polusi udara semakin memburuk.

Dilansir dalam laman resmi Nasional Public Radio, peningkatan polusi udara akibat kembang api mencapai 42%. Hal ini yang menjadikan seluruh jalan di Amerika Serikat terserang asap berkabut. 

4. Kemerdekaan AS Seharusnya Dirayakan pada 2 Juli

Ada argumen yang mengatakan bahwa Hari kemerdekaan AS sehaurnya dirayakan pada tangga 2 Juli. Hal ini dikarenakan merujuk pada Kongres Kontinental yang memilih Kemerdekaan pada 2 Juli 1776. 

Tapi Kongres tidak menyetujui dokumen Deklarasi Kemederkana sampai 4 Juli 1776. Jadi sudah jelas ya, kalau Kemerdekaan Amerika Serikat jatuh pada tanggal 4 Juli, bukan 2 Juli. 

5. Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional di AS

Tidak hanya di Indonesia yang menetapkan setiap 17 Agustus sebagai hari libur nasional. Namun Amerika juga mempunyai hari libur Nasional yang ditetapkan pada setiap 4 Juli. 

Setiap perayaan 4 Juli diisi dengan beragam kegiatan seperti parade, pesta, barbekyu, dan tentunya pesta kembang api. Perayaan ini juga menjadi salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat AS.

Demikianlah lima fakta menarik tentang Hari Perayaan Kemerdekaan Amerika Serikat. Disamping mempunyai berbagai kegiatan menarik, ternyata Hari Kemerdekaan Amerika juga menyimpan catatan sejarah yang sangat penting.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan