Breaking News
---

Simak Lima Perayaan Tahun Baru Islam Seluruh Dunia

Tahun Baru Islam 2024 yang jatuh pada 7 Juli nanti merupakan perayaan paling dinantikan oleh umat islam. Selain pergantian tanggal, momentum Tahun Baru Islam menjadi ajang berkumpulnya keluarga. 

Simak Lima Perayaan Tahun Baru Islam Seluruh Dunia

Berbeda dengan perayaan Tahun Baru Masehi yang selalu identik dengan meriahnya kembang api. Biasanya, Tahun Baru Islam selalu identik dengan kegiatan makan bersama atau berkumpul dengan keluarga. 

Dilansir dalam laman Kementerian Agama RI selain momentum kebersamaan yang diberikan. Hadirnya Tahun Baru Islam juga mampu tingkatkan nilai-nilai agama. 

Tidak hanya di Indonesia, perayaan Tahun Baru Islam juga selalu dirayakan di beberapa negara di dunia. Kira-kira bagaimana dengan tradisi luar negeri dalam menyambut Tahun Baru Islam? Simak ulasannya dibawah. 

1. Mesir - Tradisi Menampilkan Penari Sufi 

Seperti yang Anda ketahui, Mesir merupakan negara yang selalu identik dengan umat muslimnya. Tidak heran jika perayaan Tahun Baru Islam di setiap tahunnya selalu disambut dengan meriah. 

Di Mesir, perayaan Tahun Baru Islam selalu menghadirkan penari sufi. Selain menampilkan penari sufi, mereka juga turut mengenakan pakaian baru dan melakukan nyanyian bersama-sama. 

Kegiatan inilah yang kemudian memunculkan perasaan gembira. Sehingga momentum perayaan Tahun Baru Islam selalu diwarnai dengan sukacita rakyat Mesir. 

2. Arab Saudi - Tradisi Minum Susu di Pagi Hari

Setelah mengetahui fakta unik tentang perayaan Tahun Baru Islam di Mesir. Maka negara selanjutnya adalah Arab Saudi. 

Tidak jauh berbeda dengan di Mesir, Arab Saudi akan menyambut perayaan Tahun Baru Islam dengan meminum segelas susu putih di pagi hari. Selain itu, mereka akan memanjatkan doa untuk meminta keselamatan di dunia dan juga akherat. 

3. Maroko - Tradisi Membagikan Roti

Berbeda dengan Mesir dan Arab Saudi. Negara Maroko lebih senang menyambut Tahun Baru Islam dengan membagikan roti kepada sesama sanak saudara maupun tetangga. 

Tanpa disadari, budaya tersebut menumbuhkan nilai kebersamaan bagi rakyat Maroko. Tentunya, hal ini mengingatkan kita kepada kebudayaan Indonesia yang menolong sesama. 

4. Amerika Serikat - Tradisi Do'a Bersama

Meskipun bukan berasal dari negara muslim, Amerika Serikat juga mempunyai tradisi penyambutan Tahun Baru Islam yang tidak kalah menarik. 

Di Amerika, perayaan Tahun Baru Islam selalu dirayakan dengan khidmat dan khusyuk. Hal ini dibuktikan dengan adanya doa bersama yang dilaksanakan di mesjid terdekat. 

Selain itu, perayaan Tahun Baru Islam di Amerika menjadi hari libur nasional. Dalam momentum spesial ini juga, umat muslim disana akan menyempatkan berkumpul bersama keluarga. 

5. Indonesia - Tradisi Pawai Obor dan Satu Suro

Di Indonesia, perayaan Tahun Baru Islam 2024 selalu diwarnai dengan perasaan sukacita. Seperti di Jawa Tengah, Pawai Obor menjadi salah satu identik dengan perayaan Tahun Baru umat Islam ini. 

Di Indonesia, perayaan Tahun Baru Islam 2024 selalu diwarnai dengan perasaan sukacita. Dilansir dalam laman Pemerintah Kabupaten Lumajang, Pawai Obor menjadi salah satu identik dengan perayaan Tahun Baru umat Islam ini. 

Uniknya, di Indonesia sendiri Tahun Baru Islam selalu dibarengi dengan perayaan Malam Satu Suro. Jika perayaan Tahun Baru Islam 2024 jatuh pada 7 Juli, Satu Suro dimulai pada malam sebelumnya, 6 Juli. 

Malam Satu Suro adalah malam sakral masyarakat Jawa untuk memperingati Tahun Baru Jawa. Biasanya, masyarakat Jawa akan melakukan ritual tertentu untuk meminta keselamatan serta meminta dijauhkan dari marah bahaya. 

Meskipun demikian, tradisi Satu Suro tidak bisa dihilangkan dari Indonesia. Karena perayaan ini merupakan bentuk warisan budaya yang harus selalu dijaga. 

Demikianlah lima tradisi unik Tahun Baru Islam di seluruh dunia yang menarik. Apa tradisi unik yang Anda punya untuk memperingati Tahun Baru Islam 2024? (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan