PELITAKARAWANG.COM-, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempunyai gagasan untuk mengubah peradaban masyarakat desa di wilayahnya. Emil. sapaan akrab Ridwan Kamil sudah menyiapkan program Desa Digital untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di perdesaan.

Emil mengatakan, program desa bisa meningkatkan pendatapan serta mempromosikan potensi yang dimiliki oleh desanya."Saya sedang menyiapkan desa digital. Siapa bilang digital hanya di kota saja? Kita ubah peradabannya, mulai dari berkomunikasi hingga berdagang online," kata Emil dalam paparannya pada acara Leaders Talk yang digelar salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 28 September 2018.

"Tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," katanya.

Emil menjelaskan, pihaknya mempunyai program pelatihan bagi para petani di desa agar melek e-commerce. Melalui sebuah aplikasi dagang mereka bisa berdagang secara mudah dan murah.

"Petani akan dilatih supaya melek terhadap digital commerce. Berdagang murah dengan aplikasi mudah," jelas Emil.

Badan Cyber Province Gubernur Emil juga menuturkan bahwa pihaknya akan membentuk Badan Cyber Province dan melalui badan ini dirinya bertekad akan membawa Jawa Barat menjadi Provinsi Digital di Indonesia.

Menurut Emil, dunia hari ini semakin kompetitif, sehingga kemampuan SDM harus ditingkatkan melalui digital skill dan kemampuan berbahasa Inggris.

"Dalam tiga bulan saya sedang menyiapkan Badan Cyber Province untuk memastikan kami siap terhadap sisi gelap dunia cyber yang sering kali orang tidak perhatikan. Ini pertama di Indonesia," beber Emil.