Sabtu, Desember 15, 2018

Anda Ragu Membeli Kosmetik Legal atau Ilegal, Bisa Cek Gunakan Aplikasinya di Android

 


PELITAKARAWANG.COM - Maraknya peredaran kosmetik ilegal mendapat perhatian khusus dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya. Ada aplikasi dari BBPOM yang bisa digunakan untuk mendeteksi apakah suatu produk legal ataukah ilegal.

"Kami ingin memberi edukasi kepada masyarakat khususnya generasi milenial bagaimana kiat-kiat memilih kosmetik yang baik dan terdaftar di BPPOM," kata Kepala Balai Besar POM I Made Bagus Geramette dalam acara Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik pada Generasi Milenial di Hotel Bumi, Surabaya (15/12/2018).

Geramette mengatakan kampanye tersebut digelar untuk memberikan edukasi cara memilih kosmetik yang baik, bermutu, dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.



Dikatakan Geramette, salah satu cara untuk mengetahui kosmetik itu legal atau ilegal, pihaknya telah meluncurkan aplikasi Cek BPOM. Dari aplikasi tersebut secara otomatis bisa mengetahui produk sudah terdaftar atau belum. 

"Aplikasi ini sebenarnya sudah berjalan selama tiga tahun ini. Dan bisa diunduh melalui plyastore di ponsel. Namun banyak masyarakat kita belum mengetahuinya," beber Geramette.



Tidak hanya kosmetik, lanjut Geramette, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek produk-produk obat dan makanan. Caranya, cukup memasukan nomor registrasi, produk yang dicari kemudian tekan pencarian. Tak lama kemudian akan muncul produks tersebut. 

"Jika produk itu ilegal maka yang muncul produk lain atau tidak sesuai dengan yang dicari. Kalau masih kesulitan menggunakan aplikasi, BPOM juga memberikan kontak untuk penduan penggunaan di Halo BPOM 1500533," tandas Geramette.



sumber : detik

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top