Headline
---

APARATUR PEMERINTAH HARUS IKHLAS DAN SADAR

Image  
KARAWANG-.Bupati  H. Ade Swara mengingatkan kembali seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Karawang untuk senantiasa bersikap ikhlas dan sadar dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sebagai aparatur pemerintah. Penegasan tersebut disampaikan Bupati Ade Swara saat bertindak sebagai Pembina Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Karawang di Plaza Pemkab Karawang, Kamis (17/02). 

Menurut Bupati, hal ini karena dengan keikhlasan, maka para aparatur pemerintah akan memiliki ketabahan dan ketawakalan dalam menghadapi berbagai kesulitan, cobaan dan godaan. “Sedangkan dengan kesadaran kita akan memiliki penghayatan tentang : tugas fungsi dan peran aparatur pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa untuk  dapat menciptakan kondisi yang demikian itu, terdapat banyak aspek yang harus dibenahi. Aspek-aspek tersebut diantaranya adalah meningkatkan disiplin, meningkatkan pelayanan, meningkatkan sumber daya manusia aparatur pemerintah dan anggota korpri yang dilandasi ikrar “Panca Prasetya Korpri”. “Hal ini tidak lain agar sikap, ucapan dan tindakan aparatur pemerintah berada pada rel yang lurus serta tidak menyimpang dari ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Bupati melanjutkan, penegakan disiplin bagi aparatur pemerintah, tidak hanya besar pengaruhnya bagi kelancaran dan ketertiban menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan saja, akan tetapi justru besar manfaatnya bagi setiap pribadi pegawai negeri sipil itu sendiri.  “Sebab bagi orang yang mampu mengontrol dirinya, berarti : memiliki disiplin pribadi yang kuat dan dipastikan akan menjadi manusia yang terhormat serta selalu berhasil dalam hidupnya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, momentum apel kesadaran nasional ini dapat semakin memupuk dan membina rasa kebersamaan, persatuan serta kesatuan antara aparatur pemerintah, sehingga motto aparatur yang bersih dan berwibawa menjadi kenyataan. “Citra semacam itu, hanya dapat terwujud apabila aparatur pemerintah sadar dan menghayati akan tugas serta tanggung jawabnya, baik sebagai aparatur pemerintah, maupun sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” lanjutnya.

Bupati juga menambahkan, apa yang disampaikannya tadi hendaklah tidak dianggap sebagai beban bagi aparatur pemerintah, akan tetapi semata-mata merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas. “Sekaligus sebagai konsekuensi logis dari pilihan kita untuk menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang baik, benar dan jujur serta selalu mengabdikan diri bagi kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, selain diselenggarakan di Plaza Pemkab Karawang, Apel Kesadaran Nasional Tingkat Kab. Karawang juga diselenggarakan secara serempak diberbagai dinas/kantor/badan/instansi di lingkungan Pemerintah Kab. Karawang. Termasuk diantaranya diselenggarakan di seluruh kantor kecamatan yang ada di Kab. Karawang.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan