Karawang-PELITAKARAWANG.COM -.Bertempat di halaman rumah keluarga besar Drs.H Dadan Sugardan yang terletak di dusun Pulo Haur Desa Pulo Mulya, satu ekor sapi jantan disembelih.Daging qurban sapi yang berukuran sangat besar tersebut di kemudian di salurkan  ke para yatim piatu dan yatim binaan yayasan Pelita Karawang (YPK) ke warga-warga dhupa dan masyarakat di sekitar.
(10/Dzuljijah /1434 H/15/0ktober/2013).

Menurut H.Dadan Sugardan,Alhmdulillah acara qurban Idul Adha berlangsung lancar dan tersalurkan sesuai rencana.mereka para dhupa di beberapa kampung seputar desa Pulo Mulya Kecamatan Lemahabang  dan desa Jaya Negera di kecamatan Tempuran termasuk para yatim piatu dan yatim binaan YPK bisa menikmtinya daging qurban.
Keluarga Besar Drs.Dadan Sugardan
Kegiatan tahunan pasti dalam kalender Islam ini tentunya patut di syukuri karena  satu hal yang harus kita yakini adalah bahwa setiap perintah Allah pasti luar biasa manfaatnya.

Ia mencontohkan secara umum hampir semua keluarganya pertahun atau pun keluarga-keluarga di YPK   bisa berqurban secara rutin dan selalu bertambah jumlah pertahunnya yang berqurban,tambah Dadan.

Kemudian katanya,Hidup adalah perjuangan maka dengan layak dan patut adanya pengorbanan dan “Memberi” adalah salah satu bentuk pengorbanan.Setiap muslim yang mampu dan ada niat ikhlas untuk Qurban yang merupakan perintah Allah sebagaimana pernah ditujukan untuk Nabi Ibrahim,maka sebaiknya disegerakan berqurban mungpung ada waktu dan diberi panjang umur. Jika Nabi Ibrahim taat dengan perintah untuk menyembelih ankanya, maka semestinya kita harus taat kalau sekedar menyembelih domba atau sapi sebagai hewan qurban,tutup donatur YPK tersebut.


Di lain tempat,HJ,Eli Amallia Priatna  di sekertariat YPK yang berada di daerah Bengle Desa Pancakarya Tempuran menyebutkan berqurban salah satu maksudnya sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT selain wujud nyata bentuk kasih sayang kepada sesama.

Kegiatan qurban yang dilakukan oleh keluarga besar YPK pada saat sekarang memang sengaja dilaksanakan di rumah masing-masing (tidak tampung,red) atau di tempat -tempatkan yang telah ditentukan oleh pengurus YPK.Ini salah satu usaha membahagiakan para mustahiq penerima daging hewan qurban secara merata di blok masing-masing doantur walau jauh dari kesempurnan dalam pemberaian daging qurbannya.

Kali ini, selain berqurbannya keluarga besar pak H.Dadan Sugardan di Pulo Mulya,keluarga YPK lain juga melakukan hal serupa di berbagai tempat di Kabupaten Karawang dan secara keluarga saya pun berqurban di Tempuran,Pangkalan dan Karawang Timur,aku Eli yang merupakan mantan wakil bupati Karawang tersebut.

Dengan pola pembagaian yang rapi dan sederhana di harapkan terjalin ajang silaturahim antar pengurus, pekurban (donatur), pengunjung, mustahiq saling bertemu dalam suatu tempat dan acara yang diberkahi Allah,momen seperti ini perlu dimanfaatkan untuk mengajak seluruh yang ada dilokasi agar mencintai masjid dengan menciptakan kebersamaan walau sama-sama sibuk tapi sama-sama senang, sama-sama dapat pahala dan sama-sama bertakbir, bertahlil dan bertahmid dalam giatnya,ucap Eli.

Tentunya sebagai orang tua ataupun pengurus YPK ,kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar dan kerjasama juga kepercayaannya selama ini kepada seluruh donatur dan para pendukung kegiatan acara qurban 1434 H yang telah terlaksankan dengan baik,semoga semua amal ibadahnya menjadi pahala yang berlimpah dan sebagala cita-cita para donatur terkabulkan oleh Yang Maha Kuasa,harapnya.(KS).


@Redaksi 2013 E Mail : pelitakarawang@gmail.com - redaksipelitakarawang1@gmail.com