KARAWANG, PEKA - Beberapa kepala desa di Karawang yang tersandung masalah pidana terkait dugaan penyelewengan dana bantuan, bahkan salah satu kades di Kecamatan Telagasari, Desa Cilewo kini mendekam dalam tahanan, harus menjadi peringatan bagi para Kades di Karawang dalam penggunaan anggaran negara agar secepatnya direalisasikan.

Ir. Tedi Lutfiana
"Untuk sekarang ini sangat rentan kades tersandung hukum karena nakal dalam menggunakan anggaran negara. Dan kejadian Kades Cilewo ini harus menjadikan perhatian Pemerintah Desa," ujar anggota DPRD Karawang, Ir. Tedi Lutfiana, kepada PEKA, sabtu (21/01/2017).

Apalagi kata Tedi, anggaran dana desa yang akan digelontorkan kepada pemerintah desa tahun 2017 cukup tinggi berkisar Rp 1,2 Milyar, per Desa bisa menjadi tiang gantungan setiap saat, bagi kepala desa ketika salah memenejnya.

"Pihak Kecamatan harus lebih ketat dalam pembinaan, jangan hanya sekedar melaporkan saja, tetapi harus ikut membina pemerintah desa," Kata Ketua Komisi A, DPRD Karawang ini.

Tedi juga menegaskan, inspektorat juga jangan hanya pelaksanaan pemeriksaan sekedar legular saja, namun harus ada pembinaan yang benar-benar kepada para pemerintah desa.

"Jangan sampai kejadian Cilewo terulang lagi, akibat lemahnya pembinaan," Tungkasnya.#dzr-novi.