PELITAKARAWANG.COM-Banyak petugas penyelenggara pemilu gugur, baik jatuh sakit, maupun meninggal dunia. Tanpa kecuali di berbagai desa dan kecamatan di Karawang. Para petugas dan pejuang demokrasi itu, di wanti-wanti untuk tidak patah semangat, utamanya dalam mengawal setiap suara yang masuk dan didistribusikannya. Atas hal itu,Komisioner KPUD Karawang,meneruskan pesan kepada semua penyelenggara pemilu, baik di tingkat TPS ,KPPS, maupun PPK, mengingat di satu sisi, banyak yang menggabungkan kinerja seolah-olah para penyelenggara ini adalah curang selama bertugas. 
"Mohon di teruskan, kepada semua anggota penyelenggara pemilu di semua tingkatan, mereka harus tetap semangat, " ujarnya.

Teman-teman sekalian,semoga sehat selalu dan selalu jaga kesehatan. Sebanyak 218 teman sesama penyelenggara pemilu telah gugur dan 1.470 sakit, total ada 1.688 teman kita yang mengalami kedukaan dan masih terus bertambah. Kami terus berupaya memberikan dukungan agar kedukaan tidak terus bertambah.

Sekali lagi jaga kesehatan, banyak sabar dan tegar serta rawat terus kekompakan serta integritas diri. Tolak segala bentuk intervensi yang bermuara manipulasi hasil pemilu.Proses rekapitulasi suara sedang berjalan di 7.210 kecamatan se Indonesia, beberapa kecamatan sudah selesai. Alhamdulillah, puji tuhan. Semoga rekan-rekan PPK lainnya juga diberi kemudahan dan kelancaran.

* Rekap Dengan Bersih dan benar*
Komisioner KPU Karawang
Komisioner 
KPU 
Karawang
Tudingan KPU Curang terus digaungkan oleh pihak tertentu dengan dasar yang tidak tepat, seperti keliru entry data form C1. Maknanya kita dituntut bekerja dengan bersih dan benar, maka tidak harus terburu-buru menyelesaikan rekapitulasi suara karena bila ada kekeliruan dalam pengisian form DAA1 berdampak pada DA1. Bila ada kekeliruan pengisian akan berdampak masalah saat rapat rekap di KPU Kabupaten/Kota. Pastikan pembacaan angka-angka pada form C1 dengan baik dan benar. Catat sesuai yang ada di form C1. Apabila ada jumlah atau penulisan yang keliru atau jumlah yang keliru antara form C1 yg dimiliki KPU dengan form C1 pihak lain atau sebaliknya yang hadir sbg peserta di rapat pleno terbuka, segera dilakukan cek dan ricek dengan PPS/KPPS yang hadir. Pastikan persoalan selisih atau perbedaan selesai dengan data faktual dan baik. Fokuslah menyelesaikan rekap suara per TPS dan per Desa/Kelurahan dengan bersih dan benar.

*Pastikan Form DA1 Berintegritas*
Setelah rekap suara selesai semua, pastikan form DA1 diisi dengan jumlah yang sesuai berdasarkan data yang ada. Pastikan tidak ada kekeliruan penjumlahan setiap kolom yang diisi.Form DA1 akan menjadi dokumen publik dan dasar bagi rekap hasil pemilu jenjang berikutnya.Salah satu upaya terbaik Teman-Teman dalam babakan akhir pemilu ini dengan menghasilkan Form DA1 yang berintegritas. Integritas form DA1 akan menepis tudingan kita bekerja curang dan tidak profesional. Integritas form DA1 akan menghentikan upaya pihak tertentu yang masih berupaya mendelegitimasi pemilu 2019.Form DA1 sebagai dokumen otentik hasil pemilu di kecamatan akan menjadi sorotan banyak pihak setelah selesai form C1 direkap. Pastikan pengisian form DA1 beserta salinannya terisi lengkap dan benar. Jangan sampai ada kolom yang terlewati dan tidak sinkron.

*Jaga Integritas, Tolak Kecurangan*
Bergugurannya teman2x kita sesama penyelenggara pemilu kita jadikan bara api untuk menunjukkan bahwa kita menjaga integritas form DA1. Tolak segala upaya pihak tertentu yang ingin mengajak manipulasi baik dengan cara gratifikasi maupun intimidasi. Bila ada intimidasi, segera lapor kepada pihak berwajib dan KPU Kab/Kota. Bila diperlukan umumkan dalam rapat pleno terbuka bila ada pihak yang mengintimidasi dan sebarluaskan ke publik.

*Wajib Jaga Kesehatan*
Duka mendalam untuk kita semua, berguguran teman penyelenggara pemilu. Saat ini masih banyak yg masih dirumah sakit, sebagian telah dimakamkan dan ada yang sedang memimpin rapat pleno rekap dengan tangan terinfus.

KPU RI telah mendorong adanya layanan kesehatan dikecamatan dan kini tengah mengupayakan santunan bagi Teman kita yang wafat dan sakit.Maka penting bagi teman-teman selalu menjaga kesehatan, aturlah ritme kerja dan jangan terlalu hirau dengan tudingan curang, justru jadikan bara api untuk kita hasilkan dan selesaikan rapat rekap suara di kecamatan secara berintegritas.(rd).