Hingga saat ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat belum mendapatkan arahan lebih lanjut mengenai tata laksana pelaksanaan ibadah bila skema new normal dilaksanakan. Termasuk untuk pelaksanaan ibadah haji 2020.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Handiman Romdony mengatakan, untuk pelaksanaan ibadah haji, pihaknya belum mendapat keputusan resmi dari otoritas Arab Saudi mengenai aturan ibadah haji 2020. Bila belum ada keputusan hingga awal Juni, maka kemungkinan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dibatalkan.(29/5/2020).

"Kami belum menerima keputusan dari otoritas Arab Saudi. Bila sampai awal Juni belum ada keputusan dari Arab Saudi, maka kemungkinan ibadah haji tidak dapat dilaksanakan. Meskipun kami tidak berharap demikian," ungkapnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (28/5/2020).

Meski demikian,ditulis Ayo Bandung, dia mengatakan, hal-hal yang berkaitan dengan teknis operasional pelaksanaan ibadah haji akan tetap dilakukan. Hal tersebut meliputi manasik haji hingga proses pelunasan biaya jamaah. "Manasik haji akan dilakukan via media sosial, proses pelunasan tetap dilaksanakan. Sehingga bila pada waktunya (ibadah haji) bisa terlaksana, insyaAllah Jabar siap mengirimkan jamaah haji ke tanah suci," ungkapnya.

Semoga terbaik Allah berikan untuk Islam..Amin**.