Menurut Imam al-Ghazali, Ini 10 Kewajiban Suami Pada Istri dalam Islam.
Foto hanya sebuah ilustrasi
Setiap orang pasti mendamba memiliki keluarga yang bahagia, sakinah, mawadah, dan warahmah.

Demi mewujudkannya, pasangan suami dan istri harus sama-sama memahami dan memenuhi kewajiban dan haknya satu sama lain.

Kita sudah sering menjumpai bagaimana kewajiban seorang istri terhadap suami. Nah, sekarang kita akan membahas tentang kewajiban suami pada istri dalam Islam yang perlu diketahui dan dipahami.

Kewajiban Suami pada Istri dalam Islam


Sekedar pengingat, kewajiban suami pada istri tidak hanya soal uang atau nafkah kebutuhan primer seperti pakaian dan tempat tinggal saja, lho, melainkan banyak hal lain yang jarang diketahui.


Imam Al-Ghazali dalam kitabnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu'ah Rasail al -Imam Ghazali (Kaira, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 442) menjelaskan tentang adab suami terhadap istri sebagai berikut:

"Adab suami terhadap Istri, yakni: berinteraksi dengan baik, bertutur kata yang lembut, menunjukkan cinta kasih, bersikap lapang ketika sendiri, tidak terlalu sering mempersoalkan kesalahan,memaafkan jika istri berbuat salah, menjaga harta istri, tidak banyak mendebat, mengeluarkan biaya untuk kebutuhan istri secara tidak bakhil, memuliakan keluarga istri, senantiasa memberi janji yang baik, dan selalu bersemangat terhadap istri."

1. Bergaul dan Bertutur Kata yang Lembut


Bergaul dengan baik maksudnya yakni, suami hendaknya berinteraksi dengan istri secara baik dan santun, alias tidak boleh kasar.

Meski seorang suami berlaku sebagai kepala keluarga, bukan berarti suami harus mengambil jarak dari istrinya.

Berkomunikasi dengan lembut dan santun juga akan membuat hubungan suami istri lebih harmonis, Moslem Fellas.


2. Menunjukkan Kasih Sayang dan Perhatian


Salah satu kewajiban suami pada istri dalam Islam adalah dengan selalu menunjukkan kasih sayang pada istri.

Meski sedang merasa marah, seorang suami tetap dituntut untuk berlaku baik, adil, dan menunjukkan kasih sayangnya serta perhatiannya kepada sang istri. Hal ini pula yang dilakukan Rasulullah pada istri-istri beliau.


3. Bersikap Lapang saat Sendiri


Seorang suami sebaiknya memiliki kemandirian, sehingga saat sang istri sedang tidak sedang bersamanya, ia dapat melakukan pekerjaan sendiri dan melayani dirinya dengan baik tanpa mengeluh.


4. Memaafkan Istri Bila Berbuat Salah


Setiap orang pasti melakukan kekhilafan. Dalam agama Islam, memaafkan seseorang sangat dianjurkan, oleh karenanya seorang suami hendaknya memaafkan kesalahan istri dan mencoba untuk berkomunikasi dengan baik saat menyelesaikan permasalahan, ya.


5. Tidak Banyak Mendebat


Berdebat tidak selalu berdampak baik, lho.Bila sewaktu-waktu perdebatan dengan istri terjadi, sebaiknya seorang suami dapat menghargai pendapat istri sekalipun ia kurang setuju dan tetap berbicara secara baik dan sopan.

6. Memberi Janji yang Baik


Memberi janji yang baik, terutama untuk membiasakan hal baik, bisa membuat kasih sayang suami dan istri semakin bertambah, Moslem Fellas.

Hal ini pun bisa berdampak baik untuk keharmonisan rumah tangga, sehingga rasa sayang terhadap satu sama lain pun bertambah.


7. Menjaga Harta Istri


Tak hanya istri saja yang menjaga harta sang suami, kewajiban suami terhadap Istri dalam Islam yakni juga harus menjaga harta istri, seperti mahar dari suami atau hasil bekerja sendiri merupakan milik istri.


Menjaga harta istri di sini maksudnya ialah dengan suami hendaknya tidak mengklaim itu sebagai miliknya.Bila ia bermaksud untuk menggunakan sebagian atau seluruh hartanya, maka ia wajib meminta izin dari istrinya sampai istri mengizinkan hal tersebut, hal ini agar tidak terjadi pendzaliman terhadap hal istri.


8. Memuliakan Keluarga Istri


Menikah tidak hanya menyatukan dua insan yang berbeda, tapi juga menyatukan dua keluarga masing-masing mempelai.

Seorang istri tentu memiliki hubungan emosional yang kuat dengan keluarganya. Oleh karena itu, suami hendaknya bersikap baik terhadap keluarga istri dan senantiasa menghormatinya.

Sikap buruk yang dilakukan suami terhadap keluarga istri bisa menyebabkan hubungan yang tidak harmonis di dalam keluarga, lho.


9. Selalu Bersemangat terhadap Istri


Gairah hidup berumah tangga tentu harus selalu dipelihara dengan baik.

Semangat terhadap istri di sini juga dimaksudkan pada semangat untuk memenuhi kebutuhan lahir dan batin seorang istri dan juga dalam berkeluarga.


10. Tidak Pelit terhadap Istri


Kewajiban suami selanjutnya dan sangat penting diketahui ialah memenuhi kebutuhan finansial istri secara tidak bakhil.


Maksudnya, suami dan istri tidak boleh pelit satu sama lain, sebab hal ini dapat berdampak kurang baik terhadap keharmonisan dalam rumah tangga.


Suami juga hendaknya bersikap longgar terhadap satu sama lain dan salin membantu secara finansial. Ingat, menafkahi keluarga dapat terhitung sebagai ibadah yang menghasilkan banyak pahala, lho.


Itulah 10 kewajiban suami pada Istri dalam Islam penting diketahui. Semoga para suami sudah memenuhi kewajiban di atas dengan baik, ya.*umma