Inilah Sosok Maestro Juru Kendang di Kabupaten Karawang

Ia adalah Wacim Gojrot lahir di Karawang (17 Mei 1950), kini tinggal di Desa Pasirjengkol Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang.(25/12/2020).

Kiprahnya menjadi seorang juru kendang tersohor pada zamannya, berawal dari mengikuti pentas seni Topeng Banjet Ali Saban, pada saat itu  Wacim berumur baru 14 tahunan.

Wacim tak hanya manggung topeng tapi sambil belajar sebagai pemain musik gamelan topeng dan setelah beranjak dewasa ia pun menjadi seorang pemain topeng yang handal.Terbukti, Wacim selalu mendapatkan peran penting yakni sebagai seorang Jawaranya dalam lakon-lakon tertentu saat pentas topeng Banjet
Wacim Gojrot

Wacim Gojrot, nama aslinya adalah Wacim, pemberian nama belakang Gojrot pemberian dari seorang produser rekaman ketika pertama kali Wacim membuat rekaman lagu dalam kaset pita berjudul " Susana " dengan Juru kawihnya Hj.Aseng Suwarsih.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar tahun 80-an dan lagu Susana versi lagu barat kala itu sedang digandrungi oleh masyarakat Karawang bahkan nasional.

Lalu muncul versi jaipongannya dengan tepak kendang inovasi dari Wacim berupa rege Susana selanjutnya meledaklah pita kasetnya seantero Jawa Barat.

Puluhan lagu rekaman dalam bentuk kaset pita pun terkaryakan pula oleh Wacim bersama jurukawih Hj Itoh Masitoh misal dengan judul lagu Riweuh, Hj Dedeh Winingsing dengan lagu Daun Pulus termasuk jurun kawih lain diantaranya Nyai Sumiati dan Uun Budiman serta lainnya .

Wacim sendiri memiliki group seni sunda jaipongan dengan nama bekennya " Gita Jaipong Wacim Gojrot ".

Ia ketika diluar panggung pun selalu tampil beda dan kenakan pakaian perlente atau berbeda gaya dengan seniman lainnya dimasa keemasannya.

Kini dimasa sepuhnya, Wacim menunggu warung kecil dirumahnya dan sesekali suka pula diundang sebagai bintang tamu dalam acara tertentu dan giatnya sangat serupa seperti dimasa lalunya yang penuh ketenaran dalam tepak gendangnya.

Dan kabar terkini yang diterima,tak lama lagi Wacim Gojrot akan di nobatkan sebagai Maestro Juru Kendang.

Penobatan tersebut oleh organisasi BMMK akan diberikan dalam acara milad ke dua BMMK 2 Januari mendatang.***rls

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X